Beredar Info Harga Organ Korban Penculikan, Kapolri: Itu Hoax

Akhmad Mustaqim - detikNews
Kamis, 23 Mar 2017 10:16 WIB
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan kabar tentang penculikan anak adalah tidak benar alias hoax. Tito menyebut kabar tentang isu itu menyebar hingga beberapa wilayah di seluruh Indonesia.

"Saya yakinkan, saya sudah cek di Manado, Sumatera Utara, dan beberapa wilayah lain termasuk Jakarta. Berita tersebut adalah hoax, tidak benar," kata Tito di Wisma Bhayangkari, Jalan Senjaya, Jakarta Selatan, Kamis (23/3/2017).

Tito mengaku telah mengecek ke polda setempat dan seluruhnya mengatakan tidak ada. Tito juga mengatakan adanya penculikan itu dan diambil organnya juga tidak benar.

(Baca juga: Lagi, Hoax Tersebar di Cianjur soal Penculikan dan Penjualan Organ)

"Sepanjang pengecekan saya dengan Kepala Polda yang ada berita itu, semuanya menjawab kepada saya sudah melakukan pengecekan dan jawaban tidak ada. Artinya beritanya hoax," tegas Tito.

Tito pun meminta masyarakat untuk tidak khawatir. Tito juga memastikan bila Polri pastinya melakukan pemantauan terkait hal itu.

"Jadi kita minta masyarakat tidak perlu khawatir, orang tua tidak khawatir. Lakukan kegiatan seperti biasa, sambil kita meningkatkan kewaspadaan," kata Tito.

(dhn/fjp)