DetikNews
Selasa 21 Maret 2017, 17:27 WIB

Muncul Tamasya Al Maidah, Polda Metro Jaya: TPS Sudah Dijaga Polisi

Mei Amelia R - detikNews
Muncul Tamasya Al Maidah, Polda Metro Jaya: TPS Sudah Dijaga Polisi Foto: Istimewa
Jakarta - Setelah Aksi Bela Islam, kini muncul gerakan Tamasya Al Maidah yang mengajak warga untuk menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat pemungutan suara Pilkada DKI putaran kedua. Polisi mengimbau hal itu tidak dilakukan.

"Pada putaran pertama hal serupa itu ada, agar masyarakat datang ke TPS. Kalau wisata Al-Maidah itu tujuan sama, sebagian masyarakat diminta mengamankan TPS dan lain-lain. Polisi sampaikan tidak perlu itu, smua TPS sudah dijaga petugas polisi," terang Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suntana kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Suntana menegaskan, TPS akan dijaga oleh polisi untuk mencegah kecurangan serta menjaga keamanan di TPS. "Sehingga kami imbau tidak perlu kegiatan itu. Pengamanan TPS akan dilakukan polisi dan instantsi terkait," imbuhnya.

Suntana juga menekankan, warga tidak boleh mengintimidasi warga lain untuk memilih pasangan calon tertentu. "Kalau memprovokasi, intimidasi ya kita larang, kita cegah, polisi punya kewenangan itu," lanjutnya.

Ajakan untuk datang ke TPS pada tanggal 19 April mendatang itu juga diserukan tidak hanya kepada warga DKI Jakarta, tetapi juga ke masyarakat di luar Jakarta. Sekali lagi, Suntana meminta agar hal itu tidak perlu dilakukan.

"Kami telusuri siapa yang beri imbauan itu, kita juga imbau masyarakat nggak perlu datang, pengamanan kita jaga dengan kerjasama instansi terkait," tegasnya lagi.

Apabila masyarakat tetap memaksakan hal itu, polisi akan melakukan tindakan. "Polisi dengan kewenangan yang ada mencegah potensi konflik keributan sesuai UU punya hak untuk melakukan pencegahan," tandasnya.
Muncul Tamasya Al Maidah, Polda Metro Jaya: TPS Sudah Dijaga PolisiFoto: Istimewa

(mei/van)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed