Tak Ada Fasilitas Difabel di Underpass Manggarai, Ini Kata KAI

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 21 Mar 2017 13:07 WIB
Underpass Stasiun Manggarai (Foto: Hasan Alhabshy)
Jakarta - Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, kini punya underpass yang mempermudah penumpang Commuter Line berganti peron. Namun, belum ada fasilitas untuk kaum difabel di lokasi. Kenapa?

"Kalau untuk difabel, ibu hamil, lansia itu ada jalur khusus. Jalurnya sudah ada tetapi bukan di underpass, nanti ada petugas yang membantu mengarahkan," ujar Senior Manager Humas PT KAI Daop I Jakarta, Suprapto, saat dihubungi detikcom, Selasa (21/3/2017).


Suprapto belum merinci lokasi persis jalur khusus tersebut di Stasiun Manggarai. Yang jelas, di underpass akan dibangun eskalator.

"Progres ke depan rencana ada eskalator dan jalur irigasi," terang Suprapto.

(Baca juga: PT KAI Juga Akan Bangun Eskalator di Underpass Stasiun Manggarai)

Underpass Stasiun Manggarai mulai beroperasi sejak 8 Desember 2016. Penumpang yang akan menuju peron sesuai dengan tujuan Commuter Line bisa melewati underpass tanpa perlu menunggu kereta yang tengah berhenti.

"Fungsi dari underpass untuk mobilisasi penumpang, jadi nggak melalui jalur kereta. Manggarai itu stasiun transit, pertukaran di Manggarai. Tentunya ada perpindahan dari peron satu ke peron berikutnya, jadi harus ada fasilitas. Untuk saat ini underpass Manggarai berfungsi untuk mobilisasi penumpang," pungkas Suprapto.

Selain di Manggarai, 7 underpass di 7 stasiun lainnya juga dibangun untuk mempermudah penumpang menyeberangi antarperon. Tujuh stasiun tersebut antara lain Stasiun Tebet, Stasiun Cilebut, Stasiun Citayam, Stasiun Bojonggede, Stasiun Sudimara, dan Stasiun Pondok Ranji. Stasiun-stasiun tersebut diprioritaskan karena dianggap memiliki pertumbuhan jumlah penumpang yang tinggi. (dkp/fjp)