DetikNews
Selasa 21 Maret 2017, 13:04 WIB

Cara Elite Daerah PDIP untuk Menangkan Ahok-Djarot

Erwin Dariyanto - detikNews
Cara Elite Daerah PDIP untuk Menangkan Ahok-Djarot Foto: Nathania Riris Michicco/detikcom
Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengerahkan pengurus wilayah partai itu ke Jakarta untuk memenangkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat di Pilgub DKI. Kepala daerah yang merupakan kader PDIP juga diminta ke Jakarta untuk mendukung pemenangan Ahok-Djarot.

Anggota tim pemenangan Ahok-Djarot, Eva Kusuma Sundari mengatakan elite PDIP dari wilayah tersebut dikerahkan untuk merangkul pemilih Pilgub DKI yang berasal dari daerah. Misalnya Wali Kota Surakarta yang juga kader PDIP, FX Rudy Rudyatmo.

Menurut Eva, Rudy akan menjadi juru kampanye Ahok di Jakarta Utara untuk merangkul pemilih Pilgub DKI yang berasal dari Solo. "Dia (Rudy) akan merangkul pemilih dari daerah Solo," kata Eva saat berbincang dengan detikcom, Selasa (21/3/2017).

Eva menyebut bahwa beberapa kepala daerah yang kader PDIP saat ini sudah berada di Jakarta dan siap memenangkan Ahok-Djarot. Sebelumnya Rudy mengakui bahwa dia memang mendapat tugas ke Jakarta untuk memenangkan Ahok-Djarot.

Kebetulan, kata Rudy, dia memiliki banyak jaringan warga asal Solo di Jakarta. "Saya punya banyak jaringan di Jakarta. Termasuk warga asal Solo dan sekitarnya yang sekarang tinggal di Jakarta," kata Rudy, Minggu (12/3/2017) lalu.

Seperti diketahui, DPP PDIP memberikan instruksi dan penugasan kepada seluruh pimpinan fraksi dan pimpinan daerah PDIP berangkat ke Jakarta. Mereka diminta membantu memenangkan pasangan Ahok-Djarot di Pilgub DKI.

Instruksi dan penugasan itu dituangkan dalam surat DPP PDIP bernomor 2654/IN/DPP/III/2017 yang ditandatangani oleh Ketua DPP Bambang DH dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Melalui surat yang dikeluarkan di Jakarta pada 16 Maret 2016 itu, DPP PDIP menginstruksikan dan menugaskan seluruh pimpinan beserta anggota fraksi PDIP Perjuangan DPRD Kota/Kabupaten seluruh Indonesia untuk memenangkan pasangan Ahok-Djarot di putaran kedua.

"Bagi pimpinan dan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota/Kabupaten seluruh Indonesia yang tidak mengindahkan instruksi dan penugasan ini, maka DPP Partai akan memberikan sanksi organisasi sesuai dengan AD/ART dan peraturan partai," begitu salah satu bunyi instruksi DPP PDIP yang dikutip detikcom, Selasa (21/3/2017).
(erd/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed