DetikNews
Selasa 21 Maret 2017, 12:30 WIB

John Nash 'Beautiful Mind' hingga Van Gogh Hidup dengan Skizofrenia

Niken Purnamasari - detikNews
John Nash Beautiful Mind hingga Van Gogh Hidup dengan Skizofrenia Foto: Manan Vatsyayana/AFP
FOKUS BERITA: Nababan Mengaku Tuhan
Jakarta - Sabar Nababan, pria yang membuat heboh media sosial karena mengaku sebagai tuhan dari agama baru Agama Angkasa Nauli (AAN), disebut polisi mengidap skizofrenia. Ada sejumlah tokoh tenar dunia yang juga mengidap skizofrenia dan kehidupannya disorot, siapa saja?

Skizofrenia adalah gangguan mental kronis. Penderita skizofrenia seringkali mengalami delusi, halusinasi, perubahan perilaku dan pikiran kacau. Penderita gangguan ini juga kesulitan membedakan kenyataan dengan pikiran sendiri. Ciri lainnya dari penderita skizofrenia yakni emosi terlihat datar.

Jauh sebelum Sabar Nababan, banyak tokoh dunia yang dikenal memiliki gangguan. Umumnya mereka yang berkecimpung di dunia seni atau sains.

1. John Nash 'Beautiful Mind'

Tokoh yang terkenal memiliki skizofrenia yakni matematikawan asal Amerika Serikat John Nash. Kehidupan John Nash yang harus bergelut dengan skizofrenia diangkat dalam film Hollywood 'A Beautiful Mind'. Film yang dibintangi Russel Crowe itu juga meraih Oscar pada 2002 lalu sebagai film terbaik.

John Nash diketahui mengidap skizofrenia saat dirinya menginjak usia 31 tahun. Nash adalah matematikawan jenius yang seringkali mendapat cemoohan teman-teman sekelasnya. Hal itu lantaran tingkah Nash yang dianggap aneh. Kehidupan sosial Nash juga tak berjalan lancar seperti orang normal sebab skizofrenia yang dideritanya.

John Nash. John Nash. Foto: Reuters


Dilansir CNN, seorang profesor membuat surat rekomendasi untuk Nash yang akan menempuh studi di Princeton University. Hanya satu baris yang ditulis profesor itu," Pria ini adalah seorang jenius."

Kejeniusan Nash menghasilkan teori-teori yang digunakan dalam bidang ilmu lain seperti ekonomi, biologi, kecerdasan buatan (artificial intelligence), ilmu komputer dan teori permainan.

Berkutat dengan teori-teori yang berputar dalam pikirannya, Nash berhasil mendapatkan Nobel untuk 'Nash Equilibrium'. Teori tersebut menawarkan hal baru untuk menganalisa konflik dan kerjasama untuk menghasilkan prediksi tentang bagaimana orang akan berperilaku.

2. Van Gogh

Skizofrenia juga diderita oleh pelukis asal Belanda, Vincent Van Gogh. Van Gogh adalah seniman post-impressionist yang memiliki pengaruh untuk seni di abad 20. Dia dikenal dengan karya-karya mulai dari pemandangan, potret diri, ladang gandum dan bunga matahari. Van Gogh telah membuat 2.100 karya seni, 860 lukisan minyak dan lebih dari 1.300 cat air, gambar, sketsa dan cetak.


John Nash 'Beautiful Mind' hingga Van Gogh Hidup Dengan SkizofreniaVan Gogh. Foto: Courtauld Institute Gallery interior Somerset House

Banyak dokter dan ahli yang meyakini gaya lukisan Van Gogh dipengaruhi oleh kondisi jiwanya yang mengidap skizofrenia. Di usia 37 tahun, Van Gogh memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Dia bunuh diri dengan menembak dadanya menggunakan pistol.

John Nash 'Beautiful Mind' hingga Van Gogh Hidup Dengan SkizofreniaFoto: Courtauld Institute Gallery interior Somerset House

3. Eduard Einstein

Tokoh terkenal lainnya yang dikenal memiliki gangguan skizofrenia yakni putra dari Albert Einstein, Eduard Einstein. Dia didiagnosa mengidap gangguan itu pada usia 20 tahun.

Eduard diketahui memiliki bakat intelektual dan bermusik yang tinggi. Pria kelahiran 28 Juli 1910 itu melewati masa mudanya dengan prestasi akademis yang sukses. Pada 1929, Eduard memulai studinya di bidang kedokteran dan ingin menjadi psikiater.


Eduard Einstein bersama ayahnya, Albert Einstein. Eduard Einstein bersama ayahnya, Albert Einstein. Foto: Internet

Namun pada 1930, dia mendapat diagnosa mengidap skizofrenia dan harus pindah ke Burghoelzli, Swiss untuk mendapat perawatan. Eduard meninggal pada usia 55 tahun di sebuah rumah sakit di Burghoelzli.

4. Mary Todd Lincoln

Tak hanya seniman dan para tokoh jenius yang diketahui memiliki gangguan skizofrenia. Istri dari Presiden Amerika Serikat ke-16 Abraham Lincoln, Mary Todd Lincoln juga diketahui menderita skizofrenia.

Sebelum menikah dengan Lincoln, Mary dikenal sebagai perempuan yang berambisi untuk sukses. Dia juga bergelut dalam dunia politik. Lincoln dan Mary memiliki empat anak, satu tinggal terpisah dari mereka.

Mary Todd Lincoln. Mary Todd Lincoln. Foto: Internet



Pada Februari 1862, salah satu anaknya yakni Willie meninggal dalam usia 11 tahun. Kondisi jiwanya terguncang pascakematian putranya itu. Dia menghabiskan uang untuk membayar tokoh spiritual dan melakukan hal di luar logika. Mary mencoba menghubungi putranya yang telah mati itu.

Dia juga mengalami depresi dan sakit kepala. Puncaknya saat dia melihat suaminya ditembak di hadapannya sendiri. Banyak pihak yang mengatakan Mary telah menderita skizofrenia.
(nkn/tor)
FOKUS BERITA: Nababan Mengaku Tuhan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed