DetikNews
Selasa 21 Maret 2017, 12:22 WIB

Dapur Logistik Gratis untuk Massa Aksi Pengawal Sidang Ahok

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Dapur Logistik Gratis untuk Massa Aksi Pengawal Sidang Ahok Foto: Nurin/detikcom
FOKUS BERITA: Ahok Divonis 2 Tahun
Jakarta - Sidang kasus penodaan agama dengan tersangka petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah memasuki agenda ke-15. Seperti sidang-sidang sebelumnya, selalu ada massa yang mengiringi jalannya persidangan.

Sidang dugaan penistaan agama yang digelar di Gedung Kementan, Jl RM Harsono, Jaksel, ini tak pernah surut dari kedatangan massa, utamanya dari kubu kontra Ahok yang menamakan dirinya Laskar Pembela Alquran. Ada juga kubu pro Ahok.



Untuk Laskar Pembela Alquran, di depan Pengadilan Agama Jakarta Selatan agak ke utara, berdiri sebuah posko kecil yang menyajikan konsumsi gratis. Dapur umum ini dikelola oleh ibu-ibu pengajian area Jakarta dan telah berdiri sejak pagi tadi.

"Kita dari jam 06.00 WIB sudah di sini," ujar ibu Lina, salah satu penjaga posko konsumsi gratis itu, Selasa (21/3/2017).

Dapur Logistik Gratis untuk Massa Aksi Pengawal Sidang AhokFoto: Nurin/detikcom

Macam jajanan seperti arem-arem, pisang kukus, uli, gethuk, dan puding disiapkan dalam jumlah ratusan. Disimpan di dalam kardus dan kotak yang disajikan bergantian.

"Ya kita masaknya sendiri-sendiri. Saya bawa ini (arem-arem dan pisang kukus), teman saya nyiapkan puding. Ya sebisanya bawa apa," imbuhnya.

Menurut salah satu donatur yang menolak menyebutkan asalnya, semua makanan yang disajikan merupakan sukarela. Dapur umum ini tak pernah absen berdiri dari pertama kali sidang penodaan agama digelar.

Selain makanan, ada juga minuman berupa es teh dan es jeruk. Dapur umum akan menyediakan konsumsi hingga aksi damai yang diwarnai orasi dan doa bersama usai sore nanti, seiring dengan selesainya persidangan.
(tor/fjp)
FOKUS BERITA: Ahok Divonis 2 Tahun
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed