DetikNews
Selasa 21 Mar 2017, 09:50 WIB

Sebelum Aksi, Massa Pengawal Sidang Ahok Simak Rekaman Orasi Rizieq

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Sebelum Aksi, Massa Pengawal Sidang Ahok Simak Rekaman Orasi Rizieq Massa pro dan kontra Ahok berkumpul di depan sidang Ahok (Nur Indah Fatmawati/detikcom)
FOKUS BERITA: Ahok Sampaikan Pleidoi
Jakarta -

Sidang ke-15 terdakwa dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dimulai. Massa berkumpul di jalan depan arena sidang yang disterilkan.

Massa dari dua kubu, baik yang kontra-Ahok maupun pro-Ahok, telah berkumpul di depan Gedung Kementerian Pertanian, Jl RM Harsono, Jakarta Selatan, Selasa (21/3/2017). Mereka memenuhi jalan dari Ragunan arah Buncit Raya. Ada jarak sekitar 200 meter di antara kedua kubu. Aparat memisahkan mereka.

Sebelum Aksi, Massa Pengawal Sidang Ahok Simak Rekaman Orasi Rizieq(Nur Indah Fatmawati/detikcom)


Dua mobil pengeras suara disiapkan oleh massa kontra-Ahok. Sebelum berorasi langsung, mereka memutar rekaman orasi Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. Isi orasi berapi-api itu soal pemimpin muslim dan soal Surat Al Maidah ayat 51 Kitab Suci Alquran.

Sementara rekaman orasi Rizieq diputar, massa duduk santai sambil sarapan dengan nasi yang telah disiapkan. Mereka mengenakan atribut spanduk, bendera, sebagian mengenakan sorban, dan peci.

Sebelum Aksi, Massa Pengawal Sidang Ahok Simak Rekaman Orasi Rizieq(Nur Indah Fatmawati/detikcom)


Di sisi lain, ada massa pro-Ahok. Keduanya dipisahkan oleh kawat berduri. Puluhan polisi menjaga situasi. Massa pro-Ahok membawa atribut bendera, satu mobil pengeras suara, dan banyak mengenakan kemeja kotak-kotak.

Situasi berlangsung aman. Kini massa sedang berorasi sementara sidang Ahok di mulai di dalam Gedung Kementerian Pertanian.




(dnu/fjp)
FOKUS BERITA: Ahok Sampaikan Pleidoi
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed