DetikNews
Selasa 21 Maret 2017, 09:54 WIB

NasDem Dukung Jokowi di 2019, PKB: Nggak Apa-apa Curi Start

Elza Astari Retaduari - detikNews
NasDem Dukung Jokowi di 2019, PKB: Nggak Apa-apa Curi Start Daniel Johan (Nathania Riris Michicco/detikcom)
Jakarta - Partai NasDem sudah menegaskan akan kembali mendukung Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019. Meski sesama pendukung pemerintah periode saat ini, PKB merasa tak ingin terburu-buru mengikuti langkah NasDem.

"Itu kebijakan partai masing-masing, kita hormati. Kita apresiasi NasDem mengikuti langkah Golkar," ungkap Wasekjen PKB Daniel Johan dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (21/3/2017).

Keputusan NasDem itu memang seolah mengikuti langkah Golkar, yang jauh-jauh hari sudah mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi untuk Pilpres 2019. Daniel menyebut sikap 'curi start' itu tak ada salahnya.

"Kalaupun dianggap curi start juga nggak apa-apa kan," ujarnya.

Menurut Daniel, saat ini PKB masih ingin fokus mengawal pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. Untuk itu, partai pimpinan Muhaimin Iskandar tersebut tak mau mengikuti jejak NasDem atau Golkar dalam waktu dekat ini.

"Kalau PKB lebih fokus bagaimana mensukseskan program dan kerja-kerja pemerintahan saat ini yang sedang berlangsung, biar fokus kerja tidak buyar," jelas Daniel.

Meski begitu, bukan berarti PKB nantinya tidak akan mendukung Jokowi kembali untuk diusung sebagai capres pada 2019. Hanya, kata Daniel, keputusan belum dibuat.

"Sangat mungkin dong (mengusung Jokowi di 2019), tapi PKB lebih fokus sukseskan capaian-capaian kinerja pemerintahan dulu," tegas Wakil Ketua Komisi IV itu.

Sebelumnya, Partai NasDem memastikan akan kembali mengusung Jokowi dalam pilpres yang akan datang. Hal tersebut dilakukan lantaran Jokowi dianggap berhasil memimpin Indonesia dalam 3 tahun perjalanan periodenya kini.

"Tidak hanya domestik di dalam negeri, tapi lingkungan global, lingkungan internasional memberikan apresiasi tinggi terhadap gaya politik, terhadap program-program Pak Jokowi-JK yang menurut kacamata internasional cocok untuk Indonesia," tutur Ketua DPP NasDem Johnny G Plate, Senin (20/3).

"Maka menjadi kewajiban kami untuk melanjutkan, meneruskan, dan mempersiapkan Pak Jokowi untuk Pilpres 2019," imbuhnya.
(elz/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed