DetikNews
Selasa 21 Mar 2017, 09:05 WIB

Orang Tua Harus Ubah Pola Asuh Agar Abil Tak Sekolah Sambil Jualan

Rivki - detikNews
Orang Tua Harus Ubah Pola Asuh Agar Abil Tak Sekolah Sambil Jualan Bocah Abil (Lukita Wardani/detikcom)
Jakarta - Seorang anak bernama Abil Alifudin, siswa kelas IV SD di Tanjung Barat, Jakarta Selatan, harus berjualan tisu demi biaya sekolah. Menurut pemerhati anak Arist Merdeka Sirait, keluarga dan pemerintah harus turun tangan untuk Abil.

"Hal-hal seperti ini harus diperhatikan, terutama dalam pola pengasuhan anak. Orang tua seharusnya memberikan pengarahan kepada Abil. Selain itu, juga harus ada peran pemerintah," ujar Arist saat diwawancara detikcom, Selasa (21/3/2017).

Arist mengatakan, karena Abil tergolong keluarga tidak mampu, seharusnya ada peran pemerintah dalam kehidupan Abil. Dia mengatakan seorang anak semestinya mengemban pendidikan, bukan berjualan.

"Ibu dan ayah harus evaluasi dan berikan kesadaran karena masih dalam tahap mampu. Kalau tidak mampu, harus dinas sosial yang turun tangan," ucap Abil.

Abil, yang mengaku berjualan untuk membantu orang tuanya, harus diberi pemahaman oleh pihak keluarga. Arist mengatakan hal seperti ini terjadi karena adanya kesalahan dalam pola asuh.

"Anak seperti ini karena ada kesalahan dalam lingkungan keluarga, artinya tidak ada dialog yang baik antara anak dengan keluarganya. Harusnya anak ini diberi penjelasan seandainya keluarganya mampu untuk menyekolahkan tapi tidak mampu beri uang saku. Itu yang harus diberikan pemahaman kepada anak," ucapnya.

Abil, pelajar kelas IV SDN 09 Tanjung Barat, Jakarta Selatan, harus berjualan sepulang dari sekolah. Dia berjualan di depan sebuah kampus perguruan tinggi di bilangan Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Setiap hari Abil berjualan selepas jam sekolah hingga pukul 10.00 malam, kecuali Minggu. Akibatnya, dia susah dibangunkan di pagi hari ketika hendak berangkat sekolah. Aep Saepudin, sang ayah, pun kerap dibuat marah.

"Dia tuh suka susah dibangunin pagi, karena jualan sampai malam itu," kata Aep ketika ditemui detikcom di rumah kontrakannya di Gang H. Toncit, Jagakarsa, Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Minggu (19/3) kemarin.

Selain susah dibangunkan, tak jarang Abil juga ketiduran di sekolah saat jam pelajaran. Teman-teman di kelas pun pernah meledeknya.
(rvk/adf)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed