DetikNews
Selasa 21 Maret 2017, 01:08 WIB

2 Unit Kereta LRT Dijadwalkan Tiba di Palembang pada April 2018

Raja Adil Siregar - detikNews
2 Unit Kereta LRT Dijadwalkan Tiba di Palembang pada April 2018 Foto: Raja Adil Siregar/detikcom
Palembang - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjadwalkan dua unit rangkaian kereta light rail transit (LRT) tiba Palembang pada April 2018. Jadi total akan ada delapan unit train set yang akan digunakan pada jalur LRT di Palembang.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro, didampingi Sekretaris Project Management Unit (PMU) Percepatan Pembangunan LRT Wahidin, mengatakan kontrak pembuatan sarana kereta LRT Palembang sudah dilakukan sejak Desember 2016 oleh PT Inka.

"Jadi kereta tersebut ada delapan unit train set. Untuk pengadaan kontrak dengan PT Inka, termasuk perawatannya, hingga empat tahun ke depan," ujar Sukmoro seusai audiensi dengan Gubernur Alex Noerdin di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (20/03/2017).

Menurutnya, dua train set pertama akan datang pada April 2018, sedangkan enam train set lainnya akan datang secara bertahap sampai Juni 2018. Untuk spesifikasi kereta sendiri terdiri dari M1-T-M2, yakni motor car (M1) atau kereta dengan roda penggerak dan mempunyai kabin masinis, trailers car (T) atau kereta pengikut, dan M2.

Kemudian, pihaknya juga telah merampungkan pembahasan mengenai detail warna gerbong dan tarif yang akan dikenakan. Hasilnya, warna biru dipilih menjadi warna yang digunakan untuk interior kereta.

"Dari hasil diskusi bersama, disimpulkan warna biru untuk interiornya. Sementara bagian dalam menyesuaikan, asal tidak terlalu banyak corak, " imbuh Edi.

LRT di Palembang akan terdiri dari delapan kereta, namun akan dibagi menjadi tiga train set dalam sekali perjalanan. Untuk jalur utama adalah Jakabaring-Bandara SMB II dan sebaliknya, dengan total maksimum penumpang 543 orang.

Mengenai tarif, LRT nantinya akan mendapatkan subsidi perintis dari pemerintah pusat. Sebab, jika tepat waktu dan sesuai dengan target, LRT di Palembang akan menjadi yang pertama (perintis), sehingga harga tiket akan sangat terjangkau bagi masyarakat.

Di saat bersamaan, Gubernur Sumsel Alex Noerdin menambahkan desain LRT tersebut akan lebih futuristik, artinya dibuat berbeda dengan kepala lebih panjang (moncong). Alex juga berharap nantinya tidak hanya desain yang modern, tetapi ketika kereta beroperasi juga harus dapat senyaman mungkin, termasuk bagaimana meminimalkan getaran saat unit train set berjalan.

"Walaupun itu produk dalam negeri (PT Inka, red), tetap harus canggih dan berkualitas, seperti buatan luar. Termasuk desainnya, begitu juga dalam ruangannya, itu harus pakai AC yang dingin, jadi penumpang nyaman," tutupnya.

Baca juga berita terkait Sumatera Selatan lainnya di Sini.
(adf/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed