DetikNews
Senin 20 Maret 2017, 22:47 WIB

Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi Masuk Radar PKB untuk Pilgub Jabar

Elza Astari Retaduari - detikNews
Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi Masuk Radar PKB untuk Pilgub Jabar Foto: Dok. Daniel Johan
Jakarta - Nama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terus disebut-sebut untuk bisa diusung maju dalam Pilgub Jawa Barat 2018. Setelah Partai NasDem mendeklarasikan dukungan, PKB menyebut memasukkan Ridwan Kamil dalam dalam radar penjaringan partainya.

"PKB menyerahkan ke seleksi ke DPW. Kita terbuka dengan RK (Ridwan Kamil) tapi kan tidak terburu-buru, masih lama kok. Ini saja (Jakarta) belum, yang tinggal berapa minggu lagi," ungkap Wasekjen PKB Daniel Johan di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Daniel menyebut ada tiga tokoh di Jawa Barat yang kini tengah dibidik PKB untuk dipertimbangkan diusung. Selain Ridwan Kamil, dua yang lainnya adalah Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan Wagub Jabar Deddy Mizwar. Namun PKB masih menunggu hasil elektabilitas ketiganya.

"Ada tiga. RK, Dedi Mulyadi, Deddy Mizwar. Tunggu hasil survei," jelasnya.

PKB sendiri akan melakukan survei internal mengenai siapa kandidat calon yang paling berpeluang untuk diusung. Saat ini PKB masih berfokus menyelesaikan rangkaian Pilkada Serentak 2017, termasuk putaran kedua Pilgub DKI.

"(Survei internal) wajib. Tapi masih lama. Pilkada sekarang beres dulu. Mungkin pertengahan Agustus," kata Daniel.

PKB pun punya kriteria dalam mengusung pasangan calon di Pilgub Jawa Barat 2018. Daniel menyatakan semua pasangan yang diusung PKB harus mementingkan kesejahteraan rakyat di atas segalanya, khususnya untuk warga NU.

"Harus membawa kemaslahatan warga dan memiliki keberpihakan kepada menengah ke bawah," tutur Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

Dari tiga tokoh yang masuk dalam radar PKB, semuanya bukan kader partai. Apakah itu tidak menjadi masalah bagi internal?

"Ya, nanti lihat, mudah-mudahan ada kader," jawab Daniel.
(elz/dnu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed