DetikNews
Senin 20 Mar 2017, 21:09 WIB

Ahok: KJL untuk Lansia Tanpa Penghasilan dan Familinya Tak Mampu

Bisma Alief Laksana - detikNews
Ahok: KJL untuk Lansia Tanpa Penghasilan dan Familinya Tak Mampu Ahok (Jabbar Ramdhani/detikdom)
Jakarta - Calon gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah mencanangkan Kartu Jakarta Lansia (KJL). Kartu tersebut dijanjikan karena jumlah orang lanjut usia yang memiliki penghasilan dibawah Rp 2 juta per bulan sangat besar.

Dari data yang didapat oleh Ahok dari Dasa Wisma DKI, jumlah lansia yang berada di Jakarta dengan penghasilan di bawah Rp 2 juta mencapai 12 juta orang. Sementara yang berpenghasilan di bawah Rp 3 juta ada 50 ribu orang. KJL sendiri akan diberikan pada lansia yang anak cucunya tidak memiliki penghasilan untuk memelihara mereka.

"Sekarang saja yang (penghasilannya) di bawah Rp 2 juta ada 12 ribu orang yang usia 70 tahun. Kalau di bawah Rp 3 juta ada 50 ribu lebih orang. Kita sudah punya data, tapi kan tiap tahun nambah (jumlah lansia). Ada juga yang sakit lebih cepat," kata Ahok saat ditemui di Jalan Talang, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

"Iya (lansia yang tidak punya penghasilan) dan yang anak cucunya nggak mampu pelihara dia (lansia)," lanjutnya.

Namun, kata Ahok, bila anak cucu para lansia adalah pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP), maka para lansia tersebut bisa menumpang pada mereka. Karena itu, Ahok mengatakan bahwa KJP akan dievaluasi agar juga bisa memenuhi kebutuhan lansia.

"Kalau dia tinggal bersama anak dan cucunya yang KJP, dia bisa numpang sama cucunya dan anaknya. Makanya KJP nanti kita akan evaluasi," sebut Ahok.

Nantinya, lanjut Ahok, KJL akan sama cara pemakaiannya seperti KJP. Semua akan melalui rekening bank dan dengan cara gesek tanpa bisa ditarik tunai. Alasannya, karena dengan cara tersebut dia bisa tahu KJL digunakan untuk membeli apa saja. Selain itu, dengan cara gesek dapat mengurangi kecurangan yang mungkin terjadi.

"Tetap gesek, nggak boleh tarik tunai. Kita takut diambil tunai dari anaknya atau oknum. Harus gesek supaya kita tahu dia beli apa," ujar Ahok.


(bis/dnu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed