Hari Buruh
Senin 20 Mar 2017, 18:41 WIB

Menteri LHK: Apa Betul Ada Aliran Sungai Bawah Tanah di Kendeng?

Ray Jordan - detikNews
Menteri LHK: Apa Betul Ada Aliran Sungai Bawah Tanah di Kendeng? Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menelusuri informasi soal keberadaan sungai bawah tanah di Kendeng, Rembang, Jawa Tengah. Siti pun menanyai kebenaran soal itu ke Menteri ESDM Ignasius Jonan.

"Saya minggu lalu ketemu Pak Jonan, dan saya minta tolong kepada Bapak Menteri ESDM untuk wilayah cadangan air tanah yang dipersoalkan itu apakah betul ada aliran sungai di bawah tanah. Dan itu dalam aturannya harus sangat rigit, harus sangat hati-hati, pruden memutuskannya," kata Siti saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Siti mengatakan, sebetulnya Kementerian LHK sudah meminta data ke pihak terkait, terutama pihak pabrik semen dan Pemprov Jawa Tengah terkait hal itu. Namun hingga kini Kementerian LHK belum mendapatkan data tersebut.

"Dan sekarang lagi intensifkan lagi. Hari ini ada rapat dipimpin Dirjen Planologi, dan saya minta dipercepat. Karena menurut perkiraan, mereka kan selesainya nanti bulan April. Tapi saya minta dicepatin saja dan segera diundang juga ESDM-nya, karena otoritasnya di ESDM yang menentukan riset-risetnya itu," terang Siti.

Lalu, jika ditemukan adanya sungai tersebut, bagaimana tindakan selanjutnya?

"Kalau dia tidak ada, misalnya, hasil risetnya menyatakan tidak ada di daerah cadangan air tanah itu ternyata tidak ada sungai bawah tanah, berarti tidak ada masalah. Tapi kalau ada sungai bawah tanah, berarti harus ambil langkah-langkah lain. Jangan saya bilang sekarang," jelas Siti.
(jor/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed