DetikNews
Senin 20 Maret 2017, 17:57 WIB

Pilgub DKI Putaran Kedua

Lewat Bedah Rumah, Djarot Ingin Lanjutkan Kampung Deret Era Jokowi

Nathania Riris Michico - detikNews
Lewat Bedah Rumah, Djarot Ingin Lanjutkan Kampung Deret Era Jokowi Djarot Saiful Hidayat (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Calon Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat mengatakan akan meneruskan Program Kampung Deret yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sewaktu menjabat Gubernur DKI. Di bawah kepemimpinannya bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Pemprov DKI akan membuat Program Bedah Rumah.

"Kami ingin meneruskan Program Kampung Deret yang dilakukan sejak zaman Pak Jokowi, tetapi ada beberapa kendala yang kami hadapi. Daripada program pembenahan permukiman kumuh berhenti, kami buat Program Bedah Rumah," kata Djarot setelah bertemu dengan warga di Pejaten Timur, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2017).

Program Bedah Rumah bertujuan memperbaiki rumah yang sudah rusak, kumuh, dan tak layak huni. Bukan hanya itu, musala dalam kondisi rusak juga masuk dalam program ini.

"Seperti atap rumah, tidak boleh bocor. Lantai tidak boleh tanah, nanti kena TBC. Atap akan kita ganti dengan baja ringan, dan lantai diganti dengan keramik," terangnya.

Yang akan melakukan perbaikan rumah kumuh tersebut adalah pasukan merah. Dalam satu kelurahan akan direkrut sebanyak 20 petugas pasukan merah. Mereka juga akan dilatih agar mampu memperbaiki rumah, memasang keramik, dan memperbaiki MCK.

"Setiap kelurahan akan direkrut 20 orang untuk menjadi pasukan merah. Mereka akan dilatih dulu baru bekerja," paparnya.

Mantan Wali Kota Blitar ini yakin Program Bedah Rumah akan berhasil menangani permasalahan permukiman kumuh di Jakarta. Hal ini terbukti dari pengalamannya semasa menjadi Wali Kota Blitar, yang berhasil membedah 2.000 rumah.

"Sebanyak 2.000 rumah di Blitar berhasil kita bedah hingga sehat semua. Jadi, kalau ada warga tidak mampu, yang rumahnya perlu dibedah, beri tahukan kepada kami, karena saya adalah Ketua Harian Penanggulangan Kemiskinan," tegasnya.
(nth/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed