DetikNews
Sabtu 18 Mar 2017, 14:11 WIB

Purwakarta Kembangkan Wisata Kereta Api

Muklis Dinillah - detikNews
Purwakarta Kembangkan Wisata Kereta Api Foto: Dok. KAI
Jakarta - Pemkab Purwakarta akan menata kawasan yang terlintasi jalur kereta api. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berencana menyulapnya menjadi kawasan wisata kereta api.

"Kita melihat bahwa ada lahan milik PT KAI yang kita bisa manfaatkan. Selama ini lahan tersebut kumuh," kata Dedi kepada wartawan, Sabtu (18/3/2017).

Dedi mengatakan sejak dulu Pemkab Purwakarta menaruh perhatian pada pengelolaan aset-aset milik PT KAI. Mulai dari ikut merenovasi stasiun yang sudah tua hingga menata tempat berjualan pedagang kaki lima di stasiun.

"Ada stasiun tua kita renovasi, tempat penjual makanan kita tata. Kampung sate di Stasiun Plered sudah kita tata agar tidak terlihat kumuh," tambah Dedi.

Pria yang kerap berpakaian khas Purwakarta ini menuturkan Pemkab Purwakarta tidak hanya ikut menata stasiun, tapi juga menata kawasan lintasan kereta api. Pihaknya ingin menghilangkan kesan kumuh di sepanjang lintasan kereta api.

Lebih lanjut dia mengatakan penataan akan dilakukan dari perbatasan Karawang hingga perbatasan Kabupaten Bandung yang terlintasi rel kereta api. Khususnya kawasan yang terdapat permukiman penduduk.

"Karena saat ini naik kereta api itu problemnya pemandangan kira-kanannya itu kumuh," kata dia.

Dedi menjelaskan penataan dilakukan dengan cara menyulap rumah penduduk menjadi rumah adat atau merelokasi warga ke tempat lain. Diharapkan tidak ada lagi kawasan yang terlihat kumuh.

Ia melanjutkan, untuk mewujudkan itu, pihaknya bekerja sama dengan Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Kemaritiman. Selain itu, pihaknya bekerja sama dengan PT KAI selaku pengelola dan Dirjen Perkeretaapian sebagai regulator.

"Rumah adat itu mempunyai karisma pandangan yang sangat dahsyat. Saya pengen wisata kereta api itu jadi tren pengembangan wisata di Purwakarta. Mengingat di Purwakarta ada beberapa stasiun, kami lihat ada potensi," ucap Dedi.
(nwy/nwy)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed