DetikNews
Jumat 17 Mar 2017, 18:32 WIB

Kapolri: Teroris Solo Manfaatkan Industri Senpi Rakitan di Sumsel

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kapolri: Teroris Solo Manfaatkan Industri Senpi Rakitan di Sumsel Foto: Lamhot Aritonang
FOKUS BERITA: Teroris Cilegon
Jakarta - Dua orang berinisal C (39) dan T (41) ditangkap di Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan (Sumsel) terkait kepemilikan senjata api rakitan. Kedua orang ini diduga memiliki kaitan dengan jaringan teroris dan bom bunuh diri di Solo.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan di daerah Sumsel memang banyak yang industri rumahan (home industry) yang membuat senapan api.

"Ada (dugaan penggunaan senjata). Karena itu senjata, di daerah Sumsel itu kan banyak memproduksi, home industry senjata api. 'Kecepek' istilahnya senjata rakitan," kata Tito di Masjid Al-Husna di Jalan Enggano Raya, Tanjung Priok, Jakut, Jumat (17/3/2017).

Dia mengatakan, kondisi itu dimanfaatkan oleh jaringan teroris sebagai lokasi potensial untuk mendapatkan senjata api. Namun Tito menyebut senjata belum banyak yang dipasok ke Jawa.

"Rupanya kelompok teroris ini tahu potensi itu. Mereka membeli di sana. Tapi Alhamdulillah sudah ditangkap oleh Polda Sumsel dan Densus," tutur Tito.

Dia menegaskan polisi terus mewaspadai kelompok-kelompok dengan pemikiran radikal yang pro kekerasan. Menurutnya, perbedaan pemahaman tidak menjadi masalah selama tidak membawa paham kekerasan.

Terkait penangkapan di OKU Sumsel, C dan T ditangkap pada Rabu (15/3) dengan barang bukti 2 buah senpi rakitan jenis revolver. Selain itu juga ada 25 butir amunisi berukuran 5 mm hingga 9 mm.

Polisi menduga amunisi tersebut rencananya akan digunakan oleh jaringan Abu Faisal. Kedua orang ini terkait dengan rencana bom di Solo.

Kapolda Sumsel Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan ancaman terhadap teroris ada di semua daerah. Atas penangkapan kedua orang ini, Sumsel pun akan meningkatkan keamanan jelang Asian Games 2018.
(jbr/fdn)
FOKUS BERITA: Teroris Cilegon
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed