DetikNews
Kamis 16 Maret 2017, 18:38 WIB

Golkar Maraton Rapat 3 Hari, Novanto: Kita Sedang Evaluasi

Dewi Irmasari - detikNews
Golkar Maraton Rapat 3 Hari, Novanto: Kita Sedang Evaluasi Rapat Dewan Pembina Golkar (Dewi Irmasari/detikcom)
Jakarta - Dalam tiga hari berturut-turut, elemen Partai Golkar bergantian mengadakan rapat konsolidasi. Apa alasannya?

Dewan Pakar Golkar mengadakan rapat pleno pada Selasa (14/3), kemudian DPP Golkar mengadakan rapat harian pada Rabu (15/3). Hari ini giliran Dewan Pembina Golkar yang menggelar rapat, yang juga dihadiri Ketum Golkar Setya Novanto.

Seusai rapat hari ini, Novanto mengatakan DPP berkonsolidasi dengan Ketua Dewan Pembina (Wanbin) Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical). Konsolidasi DPP dengan Wanbin Partai Golkar, menurut Novanto, hanya memberi saran yang berkaitan dengan pilkada.

"Ini hanya konsolidasi, pertemuan Dewan Pembina dengan DPP Partai Golkar, di mana memberikan saran-saran berkaitan pilkada, evaluasi yang sebelumnya dan pilkada yang akan datang," ujar Novanto di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (16/3/2017).

Selain evaluasi mengenai Pilkada 2017 dan pilkada yang akan datang, rapat tertutup yang berlangsung selama 2 jam tersebut juga membahas soal perekonomian. Hal tersebut disampaikan Novanto setelah melakukan pertemuan konsolidasi.

"Serta (membahas) berbagai masalah pertumbuhan ekonomi yang sudah disampaikan oleh Presiden melalui pimpinan lembaga negara untuk kita kaji bersama," terang Novanto.

Disinggung mengenai rapat Partai Golkar yang sudah berlangsung tiga hari belakangan ini, Novanto berpendapat hal tersebut merupakan persiapan awal tahun 2017. Novanto kemudian menambahkan bahwa konsolidasi itu juga membahas evaluasi.

"Ya, karena ini menghadapi awal tahun, jadi kita evaluasi," ucap Novanto.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengatakan pertemuan konsolidasi itu adalah untuk menanggapi respons terkait isu-isu yang tengah menghinggapi Partai Golkar. Salah satu yang dibahas dalam pertemuan konsolidasi itu adalah terkait dengan kasus e-KTP.

"Ya, termasuk tadi itu penjelasan dari Dewan Pembina (Ical), merespons masalah e-KTP. Kita merespons masalah yang ada dengan tetap taat pada asas hukum praduga tidak bersalah, itu merupakan sudah kebijakan, itu keputusan tadi," kata Idrus membeberkan respons masalah yang dimaksud.

Pertemuan konsolidasi itu merupakan agenda rutin Partai Golkar yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Idrus menerangkan bahwa ada ketentuan rapat bertingkat di Partai Golkar.

"Ada rapat Korbid, ada rapat Pengurus Harian, ada rapat Pengurus Harian Terbatas. Dan kemarin itu ada rapat Pengurus Harian dan setelah itu ada rapat pleno," papar Idrus.
(irm/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed