DetikNews
Kamis 16 Mar 2017, 15:54 WIB

Pelapor Hadiah dari Raja Salman: 3 Menteri, 1 Gubernur dan Kapolri

Akhmad Mustaqim - detikNews
Pelapor Hadiah dari Raja Salman: 3 Menteri, 1 Gubernur dan Kapolri Salah satu barang yang dilaporkan (Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah barang yang merupakan hadiah dari rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dibeberkan KPK. Barang-barang itu merupakan pelaporan dari beberapa penyelenggara negara.

"Jadi gratifikasi yang dilaporkan dalam kurun waktu tanggal 7 sampai 15 Maret, pertama kali Pak Kapolri Jenderal Tito Karnavian 7 Maret. Kami apresiasi pelapor ini karena hanya dengan kejujuran dan integritaslah mereka melaporkan gratifikasi," ucap Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (16/3/2017).

Pelapor Hadiah dari Raja Salman: 3 Menteri, 1 Gubernur dan KapolriPedang 'emas' juga dilaporkan (Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom)

Selain Kapolri, KPK menyebut barang-barang itu dilaporkan oleh 3 orang menteri dan 1 orang gubernur. Namun KPK tidak mengungkap nama-namanya.

"Untuk nama pelapor tidak disebutkan, kecuali yang pelapor yang bersangkutan sudah menyetujui dan sudah mengungkapkan ke publik, karena itu standar yang berlaku di Direktorat Gratifikasi," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di tempat yang sama.

Saat kedatangan rombongan Raja Salman beberapa waktu lalu, sejumlah institusi memang menerima cendera mata. Seperti salah satunya yaitu Polri yang menerima pedang 'emas'. Polri pun telah melaporkan pemberian itu ke KPK. Kemudian Kementerian Luar Negeri (Kemlu) juga menerima pemberian berupa pedang dari Kerajaan Arab Saudi.

Pelapor Hadiah dari Raja Salman: 3 Menteri, 1 Gubernur dan KapolriBarang-barang yang dilaporkan (Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom)

Berikut daftar barang yang disebut sebagai hadiah dari rombongan Raja Salman:

1. 1 buah pedang berwarna keemasan
2. 1 buah pedang berwarna keemasan
3. 1 buah belati
4. Set aksesoris yang terdiri dari:
- 1 buah jam tangan Rolex Sky Dweller
- 1 buah jam meja Rolex Desk Clock 8235
- 1 pasang manset emas merek Chopard
- 1 buah ballpoint emas merek Chopard
- 1 buah tasbih
5. Set aksesoris yang terdiri dari:
- 1 buah jam tangan Mouawad Grande Ellipse
- 1 buah cincin emas 18 K bertahtakan 1 buah princess cut diamond 3.120 cts dan 16 buah white diamonds 1.395 cts (Mouawad Certificate of Authenticity)
- 1 pasang manset bertahtakan 1 princess cut diamond 2.130 cts, 1 rectangle cut diamond 2.140 cts, dan 32 white diamonds 2.536 cts
- 1 buah ballpoint merek Mouawad
- 1 buah tasbih berwarna hitam
(dhn/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed