DetikNews
Selasa 14 Maret 2017, 18:21 WIB

Banyak Seniman 'Antre' Buat Patung Pengganti Patung Macan 'Lucu'

Elza Astari Retaduari - detikNews
Banyak Seniman Antre Buat Patung Pengganti Patung Macan Lucu Foto: Dokumentasi: Pembongkaran Patung macan Koramil 1123 Cisewu
Jakarta - Patung macan di Koramil 1123 Cisewu dibongkar setelah viral di media sosial karena bentuknya yang lucu. Pangdam III/Siliwangi Mayjen M Herindra menyatakan sebenarnya ada banyak seniman yang menawarkan untuk membuatkan patung macan untuk satuan-satuannya.

"Sudah banyak yang menawarkan ke saya membuatkan yang bagus, sudah banyak. Pokoknya nanti kita lihat dulu," ungkap Herindra dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (14/3/2017).

Macan memang dijadikan simbol untuk Kodam Siliwangi sehingga tak heran mayoritas di satuan Kodam Siliwangi memasang patung berbentuk harimau. Namun Herindra menyebut simbol macan khas Kodam Siliwangi ada Macan Jawa yang bentuknya seperti patung di Markas Kodam.

"Ya macan Jawa kan. Dulu kan itu macan Jawa, sekarang sudah punah kan macan Jawa. Dulu kan macan di sini," tuturnya.

Dalam perbincangan di dunia maya, patung macan loreng yang berada di Koramil Cisewu tersebut dianggap memiliki bentuk yang berbeda dari kebanyakan patung macan lainnya. Di bagian kepala patung macan ini, terlihat ukuran mulut yang sedikit lebar. Ada banyak netizen yang menganggap patung macan tersebut lucu dan beberapa membuatnya menjadi meme.

Herindra sendiri berharap agar patung macan yang dipasang di satuan yang ada di Kodam Siliwangi berbentuk mirip dengan Macan Jawa. Dia pun masih mempertimbangkan tawaran dari sejumlah seniman yang hendak membuatkan patung macan untuk Kodam Siliwangi.

"(Seharusnya) kayak Macan di Makodam itu kan keren banget tuh. Bagus. Ada beberapa seniman yang sudah menawarkan. Di depan rumah Pangdam III kan juga ada (patung) macan tapi yang lebih nyeni gitu. Ada di depan pakai kayak besi-besi," ujar Herindra.

Meski simbol Kodam Siliwangi adalah macan, Mantan Danjen Kopassus itu mengingatkan macannya berbeda dengan lambang Persib Bandung. Hanya saja diakui Herindra, macan merupakan kebanggaan di Bandung sejak zaman Prabu Siliwangi.

"Banyak kok beberapa yang menawarkan (untuk membuatkan patung). Dari ITB juga ada. Orang Bandung kan kreatif-kreatif orang Jawa Barat itu. Bukan maung Bandung, itu Persib ya. Ini macan Siliwangi, Harimau. Memang dari Prabu Siliwangi itu macan simbolnya," sebut jenderal bintang dua ini.

Sebelumnya, patung macan yang dipasang di Koramil Cisewu menjadi viral di media sosial karena bentuknya yang dianggap lucu. Buntutnya, Pangdam Siliwangi meminta agar patung tersebut dibongkar untuk diganti yang baru.
(elz/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed