DetikNews
Selasa 14 Maret 2017, 13:56 WIB

Apa Fungsi Orangutan dalam Ekosistem Hutan?

Hary Lukita Wardani, Nograhany Widhi K - detikNews
Apa Fungsi Orangutan dalam Ekosistem Hutan? Foto: Ari Saputra
Jakarta - Orangutan adalah primata endemik di Nusantara yang terancam punah. Konflik orangutan dan manusia di perkebunan industri beberapa kali terjadi. Apa sebenarnya tugas orangutan dalam ekosistem di bumi Nusantara ini?

CEO Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Dr Jamartin Sihite menjelaskan bahwa yayasannya menyelamatkan orangutan bukan karena fauna itu lucu, cute atau lainnya.

Apa Fungsi Orangutan dalam Ekosistem Hutan?Foto: CEO BOSF Dr Jamartin Sihite (Foto: Hary Lukita Wardani/detikcom)


"Orang suka salah, seperi bilang BOS menyelamatkan orang utan itu karena cute, dia sayang, cinta. Bukan persoalan itu. Orangutan diciptakan Tuhan di hutan itu untuk nyebar biji, ketika tidur dia buka kanopi, matahari bisa masuk ke hutan, biji yang dia sebar itu tumbuh jadi pohon," tutur Jamartin dalam perbincangan dengan detikcom beberapa waktu lalu.

Biji-biji bakal pohon yang disebar orangutan itu, imbuhnya, nantinya akan menjadi pohon yang menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Fungsi yang sesungguhnya bermanfaat bagi manusia.

"Dan membuat hutan itu bisa bagus mengatur tata air. Sehingga manusia bisa dapat air bersih. Ada nggak manusia bisa hidup tanpa oksigen dan air? Nggak ada," tukasnya.

Apa Fungsi Orangutan dalam Ekosistem Hutan?Foto: Aktivitas konservasi orangutan (Foto: Dokumentasi COP)


Untuk tetap menjaga orangutan, hutan haruslah tetap ada. Hutan hilang, maka orangutan juga kehilangan fungsinya.

"Ketika kita menyelamatkan orangutan itu sebenarnya kita menyelamatkan diri diri sendiri. Ada hal besar yang kita selamatkan. Karena apa? Orangutan itu fungsinya di hutan," tutur Jamartin.

(Baca juga: 25 Ekor Orangutan di Kapuas Direlokasi ke Hutan Lindung)

Bila orangutan dikandangkan di habitat yang bukan habitatnya, maka orangutan tak bisa berfungsi dengan baik.

Apa Fungsi Orangutan dalam Ekosistem Hutan?Foto: Aktivitas konservasi orangutan (Foto: Dokumentasi COP)


"Jadi kalau orangutan itu ditaruh di rumah, di kandang, nggak berfungsi dia dengan baik. Makannya BOS selalu berpikir kembalikan dia ke hutan agar fungsinya dia di alam yang ditetapkan Tuhan itu berjalan," paparnya.

Mempertahankan hutan sebagi habitat orangutan juga ditegaskan Centre for Orangutan Protection (COP).

(Baca juga: Ada 4 Spesies Orangutan di Hutan RI, Ini Sebarannya)

"Mempertahankan hutan kita. Tak ada hutan = tak ada kehidupan liar. Melindungi habitat adalah cara terbaik untuk melindungi orangutan," demikian COP menjelaskan misinya di situsnya, orangutan.id.

Gejala pembabatan hutan dengan cara dibakar, untuk dijadikan lahan perkebunan kelapa sawit, yang marak beberapa tahun terakhir membuat COP jengkel setengah mati.

Apa Fungsi Orangutan dalam Ekosistem Hutan?Foto: Hardi Baktiantoro, pendiri COP (Foto: Dokumentasi COP)


"Kalau hutan dibakar begini, yang selamat adalah jenis-jenis burung. Hewan di darat musnah semua. Hutan kan terdiri dari bermacam pohon dan satwa liar. Bila hutan hilang, satwa liar juga hilang," demikian kata pendiri COP, Hardi Baktiantoro saat berbincang dengan detikcom beberapa waktu lalu.
(nwk/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed