Sumarsono: Insyaallah Masjid Raya Jakarta Diresmikan Bulan Depan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 13 Mar 2017 16:05 WIB
Masjid Raya Jakarta dibangun dengan konsep budaya Jakarta. (Arief Ikhasanuddin/detikcom)
Jakarta - Plt Gubernur DKI Sumarsono (Soni) bicara soal perkembangan pembangunan Masjid Raya Jakarta, yang berlokasi di Daan Mogot, Jakarta Barat. Soni menyebut pembangunan saat ini sudah mencapai 87 persen.

"Kita sedang menyiapkan untuk satu landscape-nya itu akan segera diselesaikan layout-nya. Kemudian yang belum ada nama masjid itu kita sampaikan beberapa alternatif, kemudian insyaallah diajukan ke Pak Presiden, dilaporkan sekaligus meminta permohonan berkenan meresmikan yang insyaallah akan diselenggarakan 16 April 2017, perkiraannya," kata Soni di Balai Kota, Gambir, Jakpus, Senin (13/3/2017).

Penyelesaian akhir pembangunan Masjid Raya Jakarta tinggal membuat lingkungan di sekitar menjadi hijau. Pemprov DKI juga sedang menggodok pembangunan taman.

"Sudah 87 persen, sekarang tinggal monitoring, finishing, sama membuat bagaimana itu bisa hijau. Tamannya itu yang belum landscape-nya saja, yang lainnya sudah tak ada masalah," tuturnya.

Baca juga: Melihat Pembangunan Masjid Raya Jakarta yang Bernuansa Betawi

Gubernur DKI nonaktif Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) juga sempat menyinggung beberapa hal yang masih kurang pada pembangunan Masjid Raya Jakarta. Salah satunya lanskap.

Plt Soni menyebut, untuk masalah lanskap, Pemprov tidak akan menggunakan APBD. Soni akan mencari pihak yang dapat membantu percepatan pembangunan lanskap.

"Ndak (pakai APBD), Alhamdulillah kita nggak ngejar. Kita carikan nanti kira-kira yang bisa membantu landscape dengan, khusus taman saja. Kalau APBD belum, sementara waktu memang belum dianggarkan untuk taman karena itu hanya menganggarkan untuk bangunannya saja. Jadi kalau APBD berarti nunggu yang lama," paparnya. (gbr/idh)