DetikNews
Rabu 08 Maret 2017, 13:30 WIB

Bertemu Presiden Afsel, Ahok: Dia Kayaknya Berkati Saya

Bisma Alief Laksana - detikNews
Bertemu Presiden Afsel, Ahok: Dia Kayaknya Berkati Saya Ahok menemani Megawati bertemu dengan Presiden Afrika Selatan. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Cagub petahana Pilgub DKI 20170 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ikut dalam pertemuan antara Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Sambil bercanda, Ahok mengatakan bahwa dirinya diberkati oleh Presiden Jacob.

"Tadi dia kayaknya berkati saya saja. Tepuk-tepuk ha-ha-ha...," ujar Ahok sambil bercanda di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/3/2017).

Perihal kedatangannya, Ahok mengatakan Jakarta sudah lama memiliki perjanjian kerja sama sister city dengan ibu kota Afrika Selatan, Cape Town. Namun perjanjian tersebut sampai saat ini belum ditandatangani karena Jacob mengharuskan Ahok pergi ke Cape Town untuk menandatangani. Ahok berharap pertemuannya dengan Presiden Jacob bisa mempercepat proses yang sempat tertunda itu.

"Kita itu sudah lama ada MoU dengan Cape Town, tapi belum ditandatangani. Jadi kan harusnya mesti ke sana (Cape Town) untuk tanda tangan. Ya sudah aku, bilang nanti cepat-cepat bereskan deh, biar nggak ketunda," papar Ahok.



Ahok juga mengatakan dirinya tertarik dengan budidaya perikanan yang ada di Cape Town. Dia menyebut apa yang dilakukan di Cape Town bisa digunakan juga di Jakarta, khususnya di Kepulauan Seribu.

"Terus saya bilang, kita tertarik dengan budidaya industri perikanan di sana. Kan kita ada Kepulauan Seribu. Kalau di sana, mereka bisnisnya nyediain lahan, perizinan. Ya saya bilang kita lebih baik kerja sama antarperusahaan. Kita juga punya BUMD yang begitu banyak termasuk swasta. Kita mau tawarkan Kepulauan Seribu. Selain untuk wisata, juga baik untuk pengolahan ikan maupun industri perikanan," ujarnya.

Ahok juga menyebut pertemuan di kediaman Megawati itu berlangsung secara cair. Dia mengatakan mereka berdialog layaknya orang yang kenal sudah lama. Beberapa candaan pun sempat dilontarkan oleh Ahok kepada Presiden Jacob.

"Saya juga candain, kenapa ada sister city nggak ada brother city ha-ha-ha.... Itu alasan kenapa saya agak lambat tandatangan sister city-nya. Kalau sudah brother city mungkin cepat (tanda tangannya). Yang ada kan brotherhood, nggak ada sisterhood juga. Ya kita bercandalah," ucap Ahok soal pertemuannya dengan Presiden Jacob.

"Kita ngobrol bebaslah, kayak sudah kenal lama, ketawa-tawa," tutupnya.
(bis/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed