DetikNews
Rabu 08 Maret 2017, 06:55 WIB

Ini 4 Perlintasan KA di DKI yang akan Ditutup Mulai Mei 2017

Bartanius Dony - detikNews
Ini 4 Perlintasan KA di DKI yang akan Ditutup Mulai Mei 2017 Perlintasan di TB Simatupang (Cici/detikcom)
Jakarta - Dirjen Perkeretaapian Kemenhub bersama Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya akan menutup empat perlintasan sebidang di Jakarta. Penutupan ini rencananya dilakukan mulai Mei 2017.

Berdasarkan informasi didapat detikcom dari Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Rabu (8/3/2017), perlintasan sebidang yang akan ditutup adalah perlintasan Jalan Pejompongan I, yang dilintasi KA dari Serpong ke Tanah Abang dan sebaliknya serta perlintasan Pasar Minggu, yang dilintasi kereta api dari Bogor ke Manggarai dan sebaliknya.

Kemudian perlintasan TB Simatupang, yang merupakan perlintasan KA dari Bogor menuju Manggarai dan sebaliknya. Pemerintah juga akan menutup perlintasan Pondok Kopi atau Penggilingan, yang dilintasi kereta dari Bekasi menuju Manggarai dan sebaliknya.

Keempat perlintasan yang akan ditutup ini merupakan penutupan tahap I yang dilakukan Kementerian Perhubungan bersama Pemprov DKI Jakarta. Rencananya, pemerintah akan melakukan tiga tahap penutupan guna mengurangi kemacetan.

Menurut Direktur Jenderal Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjo, penutupan ini guna meningkatkan keselamatan, ketertiban, dan kelancaran perjalanan kereta api serta masyarakat pengguna jalan raya.

Penutupan empat perlintasan itu termasuk 19 perlintasan yang diusulkan ditutup oleh Kementerian Perhubungan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang disampaikan melalui surat Menteri Perhubungan kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta dengan nomor KA. 101/2/3 PHB 2015 tertanggal 15 Desember 2015 tentang penanganan perlintasan tidak sebidang di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Ke-19 perlintasan ini telah dilengkapi flyover dan underpass. Sebelum akan ditutup permanen, pemerintah akan melakukan uji coba penutupan, yang dilakukan mulai April 2017.

"Sebelum dilaksanakan penutupan perlintasan sebidang tersebut, pemerintah akan mengadakan uji coba penutupan terlebih dahulu. Uji coba ini akan berlangsung selama satu bulan April 2017," ujar Prasetyo.
(brt/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed