Peristiwa Langka Saat Hiu Paus Muncul di Teluk Jakarta

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 06 Mar 2017 08:02 WIB
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Seekor hiu paus atau hiu tutul terlihat di perairan teluk Jakarta pada Minggu (5/3/2017) kemarin. Kejadian ini direkam oleh salah seorang anak buah kapal (ABK) Kargo 08 saat berlayar menuju Pulau Cipir.

Hal itu diceritakan Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Seribu Yusen Hardiman kepada detikcom, Minggu (5/3) malam. Ia menuturkan posisi kejadian langka itu berada di antara Pulau H dan Muara Kamal.

"Posisinya di antara Pulau H dengan Muara Kamal dekat keramba kerang. Yang merekam anak buah saya, Samsudin, dia ABK Kapal Laut Bersih, yaitu kapal kargo yang membersihkan sampah-sampah di laut. Nama kapalnya Kapal Kargo 08," kata Yusen saat dihubungi detikcom.

Penampakan Hiu Paus atau Hiu Tutul di Teluk Jakarta, Minggu (5/3/2017). Dok IstimewaPenampakan hiu paus atau hiu tutul di Teluk Jakarta, Minggu (5/3/2017). Foto: Dok. Istimewa

Menurut Yusen, anak buahnya tersebut merekam kemunculan hiu paus itu pada Minggu (5/3) pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Dia menyatakan kemunculan hewan tersebut di laut sekitar Teluk Jakarta adalah momen langka.

"Tadi pagi, sekitar pukul 09.00 WIB. Kebetulan kita lagi berlayar menuju Pulau Cipir dan (kemunculan hiu paus) itu, menurut saya, langka karena selama ABK bertugas belum pernah melihatnya," ujar Yusen.

Dia juga menekankan, meski tergolong besar, hiu paus tersebut bukanlah hewan buas karena memakan plankton. Menurutnya, para ABK yang ada di kapal telah diperintahkan agar tidak menyakiti hewan tersebut.

"(Kemunculan hiu paus itu langka), karenanya kita perlu lindungi dan lestarikan. Sudah termasuk besar dan tergolong bukan hewan buas. Saya perintahkan kepada anak buah saya agar jangan menyakiti dan biarkan dia hidup," ungkapnya.



(HSF/rna)