DetikNews
Jumat 03 Maret 2017, 19:53 WIB

Napi Lapas Jambi Bersihkan Puing Kebakaran Pasca Kerusuhan

Muhamad Usman - detikNews
Napi Lapas Jambi Bersihkan Puing Kebakaran Pasca Kerusuhan Foto: Napi Lapas Klas IIA Jambi gotong royong pasca kerusuhan. (Muhammad Usman/detikcom)
Jambi - Para narapidana Lapas Klas IIA Jambi melakukan gotong royong membersihkan puing-puing sisa kebakaran yang terjadi saat kerusuhan Rabu (1/3) malam. Gotong royong itu merupakan inisiatif para napi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jambi Bambang Palasara menyatakan gotong royong dilakukan pada Jumat (3/3/2017) sore tadi. "Itu kegiatan gotong royong merupakan kesadaran mereka sendiri, kita tidak menyuruhnya," ujar Bambang Palasara.

Menurut Bambang, para napi juga berencana membangun ruangan baru dijadikan tempat pertemuan para napi dengan keluarga yang berkunjung. Sebelumnya, pertemuan napi dan keluarga menggunakan aula. Namun aula itu hangus terbakar saat kerusuhan.

"Rencana mereka setelah bersih-bersih, mereka berkeinginan membangun tempat untuk para pengunjung yang mengunjungi Lapas Jambi itu," terangnya.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan HAM membentuk tim investigasi menyelidiki penyebab kerusuhan disertai pembakaran bangunan di Lapas Klas IIA Jambi.

"Kita akan cari tahu siapa provokator dari semua ini, dan kita juga masih mengumpulkan berbagai data-data yang ada, apa saja yang saat ini mengalami kerusakan dan pembakaran," ujar Direktur Jenderal Lembaga Pemasyarakatan Kemenkum HAM I Wayan Kusmiantha Dusak, di LP Jambi, Jumat (3/3).
(idh/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed