DetikNews
Kamis 02 Maret 2017, 16:59 WIB

Ini Kata Panglima TNI Soal Pulihnya Kerja Sama Militer RI-Australia

Hary Lukita Wardani - detikNews
Ini Kata Panglima TNI Soal Pulihnya Kerja Sama Militer RI-Australia Panglima TNI / Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pertemuan Perdana Menteri Australia Malcom Turnbull dengan Presiden RI Jokowi di Sydney, Australia pekan lalu menegaskan bahwa kerja sama militer Indonesia-Australia sudah pulih. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo juga menegaskan hal yang sama.

"Sudah selesai, presiden kita kan sudah mengatakan hubungan kita udah normal kembali," kata Gatot di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Kasus plesetan 'pancagila' sempat membuat geram pada awal tahun ini. Kasus tersebut terjadi di Campbell Barracks, Perth, Australia. Plesetan tersebut terdapat dalam materi pelajaran. Indonesia pun langsung bereaksi.

Kemudian, beberapa pertemuan dilakukan. Hingga akhirnya Jokowi dan Turnbull bertemu di Sydney dan menegaskan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Australia di bidang pertahanan terus berlanjut. Hal ini ditegaskan dalam pertemuan bilateral antara dia dan Presiden Joko Widodo di Sydney.

"Presiden Widodo dan saya telah setuju untuk melanjutkan kembali seluruh kerja sama pertahanan, baik dalam penukaran pelatihan maupun kegiatan," kata Turnbull saat jumpa pers di Admiralty House, Sydney, Australia, Minggu (26/2).

Turnbull mengatakan, kerja sama ini lebih dari sekedar perjanjian. Kerja sama ini untuk lebih meningkatkan hubungan antara Indonesia dengan Australia.

"Memang hubungan ini lebih dari sekadar perjanjian dan hubungan erat antar pemerintah. Indonesia juga merupakan destinasi pertama yang paling populer bagi turis Aus. Dan pada tahun lalu saja ada lebih dari sejuta turis Australia yang datang ke Bali," katanya.
(lkw/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed