DetikNews
Kamis 02 Maret 2017, 10:43 WIB

Berkesannya Pertemuan Raja Saud-Sukarno bagi Raja Salman

Ray Jordan - detikNews
Berkesannya Pertemuan Raja Saud-Sukarno bagi Raja Salman Foto: Pool
Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud memiliki kesan yang mendalam pada pertemuan Raja Saudi sebelumnya dengan Sukarno. Sampai-sampai Raja Salman langsung mencari cucu Sukarno saat berada di Indonesia.

Hal itu terjadi saat Raja Salman tiba di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017) siang. Raja Salman bertanya kepada Jokowi mengenai keberadaan cucu Sukarno.

"Saat baru tiba dan disambut Presiden Jokowi, Raja Salman menanyakan keberadaan cucu Sukarno. 'Mana cucu Sukarno?' tanya Raja Salman ke Presiden Jokowi," kata Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Rabu (1/3).

Mendengar itu, lanjut Bey, Presiden Jokowi langsung memanggil Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, yang merupakan anak Megawati Soekarnoputri dan cucu Sukarno. Puan, yang tampak mengenakan kerudung berwarna hitam, pun mendekat setelah dipanggil Presiden Jokowi.

"Ini cucu Sukarno," kata Jokowi, seperti ditirukan oleh Bey.

Kunjungi 20detik untuk mendapatkan video-video menarik lainnya



Sukarno pernah mengunjungi Arab Saudi, salah satunya pada 1955. Salman, yang saat itu merupakan pangeran, pernah ikut dalam pertemuan Raja Saud bin Abdulaziz, yang merupakan kakak Salman, dengan Presiden Sukarno.

Bey mengatakan ada yang diingat Raja Salman tentang sosok Presiden RI pertama tersebut. Dia terkesan oleh kata-kata 'Saudara-saudara' yang kerap dilontarkan Sukarno saat berbicara.

"Saya ingat sekali dengan Presiden Sukarno, selalu mengatakan 'Saudara-saudara'. Ini yang saya ingat, di sini," kata Raja Salman kepada Puan, seperti dikatakan oleh Bey.

Raja Salman juga menceritakan secara singkat soal pertemuan dirinya dengan Sukarno. Saat itu, dia mendampingi ayahnya, Raja Abdulaziz bin Saud, saat bertemu dengan Sukarno di Arab Saudi. Perbincangan antara Raja Salman dan Puan pun berlangsung singkat.

"Suatu kehormatan bagi saya bisa bertemu langsung dengan Raja Salman, sebagai cucu Sukarno, The Founding Father Indonesia," kata Puan, yang kembali dipanggil untuk bertatap muka langsung dengan Raja Salman.
(fjp/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed