DetikNews
Kamis 02 Maret 2017, 07:22 WIB

2 WN China Ditolak Masuk Indonesia via Batam

Rina Atriana - detikNews
2 WN China Ditolak Masuk Indonesia via Batam Foto: Dok. Imigrasi Batam
Jakarta - Dua orang warga negara China ditolak masuk Indonesia melalui Batam, Kepulauan Riau. Keduanya ditolak dengan alasan yang berbeda.

Berdasarkan informasi dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, Kamis (2/3/2017), WN China yang ditolak salah satunya adalah perempuan berinisial FL (51). FL ditolak lantaran halaman paspornya penuh dan berlaku tidak sopan pada petugas.
2 WN China Ditolak Masuk Indonesia via BatamFoto: Dok. Imigrasi Batam

"Hasil pemeriksaan keimigrasian halaman paspor yang bersangkutan penuh dan berlaku tidak sopan terhadap petugas," kata Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom.

Agung menjelaskan FL datang dari Singapura dengan kapal ferry Asean Rider. FL kini telah dipulangkan dengan alat angkut yang sama melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam Center.

Sementara itu 1 WN China lainnya adalah seorang laki-laki berinisial FH (69). FH coba mengelabui petugas dengan memanfaatkan visa bebas kunjungan.

"Ditolak kedatangannya karena mencoba mengelabui petugas dengan modus memanfaatkan bebas visa kunjungan," ujar Agung.
2 WN China Ditolak Masuk Indonesia via BatamFoto: Dok. Imigrasi Batam

"Izin tinggal yang bersangkutan akan segera berakhir dan akan memperpanjang visanya di Singapura dengan memanfaatkan berkunjung ke Indonesia. Tujuan kedatangannya ke Indonesia tidak jelas," tuturnya.

FH datang dari Singapura dengan ferry Batam Fast dan telah dipulangkan dengan alat angkut yang sama melalui TPI Batam Center.


(rna/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed