DetikNews
Rabu 01 Mar 2017, 19:40 WIB

"God Bless You" dan "HZ-HM1" di Bodi Pesawat Raja Salman

Nograhany Widhi K - detikNews
God Bless You dan HZ-HM1 di Bodi Pesawat Raja Salman Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Hiruk-pikuk mewarnai kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Tak terkecuali perbincangan tentang tulisan di bodi pesawatnya.

Saat mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/3/2017), tampak pesawat Boeing seri 747-400 itu terdapat tulisan di bodi-nya. Di bagian hidung terdapat tulisan "God Bless You" dan tulisan arab. Sedangkan di bagian ekor pesawat bertuliskan "HZ-HM1".

Nah, kata "God Bless You" itu menjadi perbincangan di kalangan pengguna dunia maya. Tak terkecuali pembaca detikcom di kolom komentarnya. Pemilik akun detikconnect Erzi misalnya menuliskan demikian di kolom komentar:

Foto: Perbincangan soal tulisan di bodi pesawat Raja Salman (Foto: detikcom)


ada sebuah kalimat yang menarik perhatian yang tertulis di badan pesawat yang ditumpangi Raja Salman yaitu "God Bless You" padahal di Indonesia sebagian besar umat Islam meng"haram"kan kalimat dalam bahasa Inggris tsb. GBU King Salman

Komentar Erzi ini ditimpali pengguna detikconnect lainnya, yakni Firman Rachmadi, "masa iya si "sebagian besar"? opinimu aja kali"

Foto: Dok. PT JAS


Penelusuran detikcom memang pesawat Saudi Airlines ini bertuliskan "God Bless You" dan huruf arab di atasnya. Entah dimaksudkan sebagai sugesti positif atau doa, di moda transportasi yang sangat mengutamakan keselamatan dan zero tolerance kesalahan ini.

Sedangkan di bagian belakangnya, tertulis "HZ-HM1", diketahui sebagai nomor registrasi pesawat. HZ diketahui adalah nomor registrasi pesawat untuk negara Arab Saudi, seperti halnya PK untuk Indonesia.

Foto: Dok. PT JAS


"HM 1 berarti His Majesty (Yang Mulia-red)," demikian kata Corporate Communication PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Martha Lory Francisca dalam keterangan tertulisnya menjelaskan segala macam ground handling yang ditangani JAS, Rabu (1/3/2017).

Dilansir dari planespotter.net, pesawat itu persisnya bertipe Boeing 747-468 diperkuat dengan 4 mesin pesawat bermerk General Electric (GE) 4x GE CF6-80C2B5F yang penerbangan pertamanya pada 26 Januari 2001, dan sempat menjadi pesawat komersial Saudi Arabian Airlines sejak 30 Maret 2001 dengan nomor registrasi HZ-AIZ. Pesawat ini akhirnya dikonfigurasi menjadi pesawat VIP untuk Pemerintahan Arab Saudi dengan nomor registrasi HZ-HM1 sejak 7 Oktober 2006, dan sempat diservis pada 2011. Usia pesawat ini berarti sudah 16,1 tahun.

Foto: Rachman Haryanto


Saat Raja Salman melawat ke Jakarta, pesawat ini menginap di Bandara Halim Perdanakusuma hingga tanggal 4 Maret 2017 melanjutkan perjalanan ke Denpasar, Bali.
(nwk/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed