DetikNews
Selasa 28 Februari 2017, 05:53 WIB

Awas Copet! Polisi Imbau Masyarakat Lebih Waspada di Tempat Umum

Niken Purnamasari - detikNews
Awas Copet! Polisi Imbau Masyarakat Lebih Waspada di Tempat Umum Foto: Lego Store di PIK Avenue/Jabbar Ramdhani
Jakarta - Aksi pencopetan kembali terjadi di ibu kota. Kali ini sasarannya adalah pengunjung mal. Seperti yang terjadi saat seorang pengunjung berbelanja di Lego Store, Pantai Indah Kapuk (PIK) Avenue, Jakarta Utara. Lantas, bagaimana upaya agar terhindar dari aksi tersebut?

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, agar terhindar dari pencopetan, warga diimbau selalu waspada di manapun berada. Selain itu, pola perilaku dan penampilan juga perlu diperhatikan di tempat umum agar tidak menarik perhatian pencopet.

"Waspada di tempat umum. Jangan mengundang orang untuk melihat kesempatan itu. Misal bawa tas, tas terbuka diatasnya. Orang bisa melihat," kata Argo kepada detikcom, Senin (27/2/2017) malam.

"Kemudian, berpakaian yang sopan biar tidak menjadi perhatian orang," lanjut Argo.

Jika masyarakat menjadi korban pencopetan, Argo mengatakan agar segera mengambil tindakan untuk melapor kepada pihak polisi.

"Kalau pidana, lapor segera ke kantor polisi. Intinya masyarakat tetap waspada dan jangan mengundang orang untuk melakukan tindak kejahatan," imbau Argo.

Melihat kejadian yang terjadi di Lego Store, PIK Avenue, seorang pengunjung yang diketahui bernama Alisya tengah asyik berbelanja. Dalam rekaman CCTV, pengunjung tersebut mengenakan tas punggung. Lalu, pelaku dengan mudahnya merogoh handphone yang terdapat di tas Alisya.

Baca Juga: Heboh Aksi Pencopetan di Mal di Jakut, Polisi Turun Tangan

Seorang temannya pun mengingatkan karena kondisi tas yang sudah terbuka. Saat dicek, ternyata handphone miliknya telah raib. Ia datang kembali ke Lego Store untuk mengecek apakah handphone miliknya tertinggal. Setelah diperiksa, ternyata handphone tidak berada di sana.

Alisya akhirnya kembali ke toko bersama sekuriti mal untuk melihat rekaman CCTV. Kejadian tersebut juga ia laporkan ke Polsek Penjaringan.
(nkn/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed