DetikNews
Senin 27 Feb 2017, 15:00 WIB

2 Hotel di Bali Ini Sudah Fully Booked untuk Rombongan Raja Salman

Yulida Medistiara - detikNews
2 Hotel di Bali Ini Sudah Fully Booked untuk Rombongan Raja Salman Raja Salman (Reuters)
Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud akan berkunjung ke Indonesia sekaligus berlibur di Bali. Raja Salman akan datang bersama rombongan besar yang terdiri dari pangeran, menteri, dan 1.500 pengusaha.

Untuk liburan di Bali, Raja Salman sudah memesan hotel bintang 5 di Nusa Dua. Di antaranya 2 hotel bintang 5 yang sudah fully booked (dipesan seluruhnya) oleh Raja Salman untuk kebutuhan liburannya itu.

Dua hotel itu adalah Hotel The St Regis Bali Resort dan The Laguna. Selain itu, hampir di seluruh hotel kawasan Nusa Dua penuh rombongan. Salah satu hotel lain yang ikut dipesan rombongan adalah Hilton Bali Resort.

"Di Bali sudah block 2 hotel tidak boleh lagi tamu lain masuk, pay off di Laguna dan St Regis di Nusa Dua. Sementara yang lain ada, tapi tidak di-block, tapi semua hotel di Nusa Bali penuh. Yang hotel lain, kayak Hilton Bali, hampir penuh," ujar Ketua Umum Asosiasi Agen Tur dan Perjalanan Indonesia (Asita) Asnawi Bahar ketika dihubungi, Senin (27/2/2017).

Raja Salman akan berada di Indonesia hingga 9 Maret nanti. Selepas itu, rombongan yang terdiri dari 1.500 pengusaha, pangeran, sekaligus menteri itu diagendakan akan ke daerah-daerah di Indonesia untuk meninjau peluang investasi. Agenda rombongan ini tersebar ke beberapa wilayah, seperti Padang, Bangka Belitung, Medan, dan Lombok.

Para rombongan ini diperkirakan akan menghabiskan waktu untuk berlibur dan sebagian lainnya berkeliling ke daerah selama 4 hari 3 malam. Asnawi mengatakan telah mendapatkan 50 orang yang akan bertandang ke Padang.

"Saya sudah dapat 50 pack ke Padang. Jadi artinya, setelah rajanya pulang, mereka bertebaran ke mana-mana sebagian, sebagian ada yang survei tempat investasi, sebagian juga mereka jalan-jalan," kata Asnawi.

Rombongan ini akan mendapatkan pelayanan kelas premium, dari hotel bintang lima, transportasi, hingga layanan wisata. Diperkirakan setiap orang dikenai tarif Rp 7-8 juta, bahkan bisa mencapai Rp 10 juta, untuk pelayanan tersebut.

"Mereka akan lebih premium dan eksklusif. Kalau 4 hari 3 malam sekitar Rp 7-8 juta. Sudah termasuk transportasi, hotel, makan, guide sudah full arrange paling mahal itu Rp 10 jutaan," ujarnya.

Nantinya, rombongan ini akan berlibur di tempat wisata yang dikoordinasikan dengan Pemda setempat. Yang pasti, menurut Asnawi, wilayah untuk liburan mereka berada di area terbatas yang khusus untuk rombongan ini.

Asnawi memperkirakan wisatawan asal Timur Tengah ini minimal akan mengeluarkan uang untuk berbelanja Rp 30 juta selama beberapa hari di Indonesia. Dia memperkirakan rombongan ini menghabiskan sekitar Rp 150 miliar dalam masa liburan dan kunjungannya ke daerah.

"Yang diblok itu ada dua hotel, St Regist dan Laguna, tidak bisa diperkirakan omzetnya karena itu di-closed untuk umum mereka langsung ke hotelnya. Perkiraan saya minimal mereka habiskan Rp 150 miliar untuk 1.500 orang ya, mungkin bisa lebih," kata Asnawi.
(dhn/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed