DetikNews
Minggu 26 Februari 2017, 16:14 WIB

Momen Upacara Kenegaraan Jokowi di Australia

Ray Jordan - detikNews
Momen Upacara Kenegaraan Jokowi di Australia Foto: Dok Setpres
Jakarta - Australia menggelar upacara kenegaraan untuk Presiden Joko Widodo. Upacara kenegaraan ini menutup rangkaian pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan PM Australia Malcolm Turnbull.



Upacara kenegaraan ini dipimpin oleh Gubernur Jenderal Australia Sir Peter Cosgrove beserta Lady Cosgrove. Upacara digelar di Admiralty House, Sydney, Minggu (26/2/2017).
Momen Upacara Kenegaraan Jokowi di AustraliaFoto: Ray Jordan/detikcom

Saat memasuki lapangan upacara, Jokowi dan Iriana disambut dengan dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah itu, pasukan militer Australia memberi tanda hormat kepada Jokowi diikuti dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah selesai, Jokowi kemudian dipersilakan untuk melakukan pemeriksaan pasukan ditemani oleh Komandan Upacara. Setelah pemeriksaan pasukan, Gubernur Jenderal Sir Peter Cosgrove kemudian memperkenalkan delegasi Australia kepada Presiden Joko Widodo. Jokowi juga melakukan hal sebaliknya.
Momen Upacara Kenegaraan Jokowi di AustraliaFoto: Ray Jordan/detikcom

Di akhir upacara, sekali lagi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Lagu Nasional Advance Australia Fair dikumandangkan. Setelah upacara kenegaraan, Jokowi dan Iriana melakukan pertemuan dengan Gubernur Jenderal Australia beserta Lady Cosgrove dia Ruang Resepsi, Admiralty House.

Adapun hal yang dibicarakan adalah upaya mempererat hubungan antar kedua negara di bidang ekonomi, investasi dan keamanan. Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan jamuan makan siang kenegaraan.
Momen Upacara Kenegaraan Jokowi di AustraliaFoto: Dok Setpres

Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan terima kasih atas sambutan pemerintah Austalia kepadanya dan anggota delegasi Indonesia.

Turut mendampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Duta Besar Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema.
Momen Upacara Kenegaraan Jokowi di AustraliaFoto: Dok Setpres

(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed