DetikNews
Senin 20 Februari 2017, 18:30 WIB

KPAI Kecam Peredaran Buku Cerita Anak Berkonten Masturbasi

Audrey Santoso - detikNews
KPAI Kecam Peredaran Buku Cerita Anak Berkonten Masturbasi Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Erlinda mengecam peredaran buku cerita anak 'Aku Berani Tidur Sendiri' karangan Fita Chakra, terbitan penerbit buku Tiga Serangkai. Dia berujar KPAI langsung berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mengantisipasi penyebaran buku tersebut agar tak terbaca anak di bawah umur.

"Yang pasti, dari KPAI, Komisioner Bidang Cyber sudah koordinasi dengan pihak penerbit buku, supaya (produknya) ditarik dari peredaran," ujar Erlinda kepada detikcom ketika dihubungi, Senin (20/2/2017).

Foto: Dok. Istimewa

KPAI sendiri saat ini mengkaji buku tersebut dan menilainya sarat konten porno karena membahas perihal masturbasi. Erlinda menambahkan pihaknya juga meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta instansi pendidikan terkait untuk mengambil tindakan nyata terhadap anak yang sudah membaca buku tersebut.

"(KPAI) menelaah dari buku itu sendiri, apakah buku tersebut isinya sebagian apa seluruhnya yang membahas masturbasi seperti itu. Kita juga kerja sama dengan pihak terkait, yaitu Kemendikbud, dinas pendidikan setempat, untuk melakukan tindakan konkret, untuk mengantisipasi dan melakukan penanggulangan kalau buku tersebut sudah dibaca anak-anak," jelas Erlinda.

Terakhir, pihaknya menyampaikan temuan ini ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) untuk dianalisis, ada-tidaknya unsur pidana. "Bareskrim, kami baru koordinasi saja. Bisa dipidana atau tidak," tutup Erlinda.




Baca Juga: Ramai Buku Anak Berkonten Masturbasi, Ini Penjelasan Tiga Serangkai


(aud/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed