Hari Hak Asasi Manusia
Sabtu 18 Februari 2017, 01:24 WIB

Setahun Memimpin Kota Semarang, Hendi-Ita Punya 6 Gebrakan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Setahun Memimpin Kota Semarang, Hendi-Ita Punya 6 Gebrakan Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Setahun sudah Kota Semarang dipimpin oleh pasangan Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita). Dalam kepemimpinan mereka setidaknya ada 6 program yang menjadi gebrakan untuk memperbaiki ibu kota Jawa Tengah itu.

Program gebrakan tersebut ditujukan untuk memperbaiki layanan kepada warga Kota Semarang dan membuat kota yang mereka pimpin menjadi lebih menarik. Enam gebrakan tersebut adalah:

1. Kampung Tematik
Setidaknya ada 415 hektare wilayah kumuh di Kota Semarang. Untuk menguranginya, wali kota yang akrab disapa Hendi itu mencanangkan program kampung tematik di mana setiap perkampungan berbenah sesuai tema yang tepat dengan daerahnya. Pemkot Semarang mengucurkan dana untuk program itu dan hasilnya beberapa kampung yang sudah menerapkannya justru dikenal wisatawan dan sering dikunjungi, contohnya Kampung Batik di daerah Bubakan, kemudian ada Kampung Seni di Palebon.

2. Smart City
Kota Semarang kini memiliki 177 sistem serta aplikasi untuk melayani warga. Penerapan teknologi dalam sistem pemerintahan membuat Kota Semarang menjadi kota pintar yang bahkan menjadi 1 dari 4 kota percontohan Smart City bersama Surabaya, Bandung, dan Makassar. Wali Kota Hendi sendiri juga pernah dinobatkan sebagai Rising Star dalam acara Indonesia Digital Economy Award (IDEA).

3. Kredit Terendah Se-Indonesia
Baru-baru ini Pemkot Semarang meluncurkan terobosan Kredit Wirausaha Bangkit Jadi Jawara (Wibawa), yaitu kredit murah bagi UMKM untuk memajukan usaha mereka dengan bunga pinjaman hanya 3% per tahun. Bahkan pelaku UMKM dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan.

4. Layanan Darurat 24 Jam
Pemkot Semarang memiliki 'Si Cepat Ambulance Hebat', yaitu mobil ambulans yang bisa diakses gratis oleh warga yang membutuhkan penanganan medis darurat melalui hotline 1500-132. Mobil tersebut memiliki fasilitas lengkap yang siaga selama 24 jam.

Setahun Memimpin Kota Semarang, Hendi-Ita Punya 6 GebrakanFoto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
5. Penataan Pedagang
Salah satu pasar yang ditata apik di Kota Semarang adalah Pasar Kembang Kalisari. Para pedagang bunga yang tadinya berjualan dengan kondisi kios yang kumuh kini sudah dibangunkan kios yang bagus dan menarik wisatawan karena lokasinya yang juga tidak jauh dari Tugu Muda Semarang.

6. Penataan Kota Lama
Destinasi wisata Kota Lama Semarang yang tersohor kini terus ditata agar lebih baik. Berbagai event kerap digelar di sana untuk menarik pengunjung. Selain itu, berbagai pihak digandeng karena Kota Lama Semarang sedang diupayakan menjadi warisan dunia UNESCO pada 2020.

Dengan berbagai perubahan yang sudah dilakukan, Kota Semarang kini banyak menarik perhatian hingga sejumlah petinggi negara lain datang berkunjung, seperti Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, bahkan yang terakhir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Belanda Mariette Jet Bussemaker.

"Satu tahun, menurut kami berdua, ini merupakan sebuah permulaan yang harus dicapai dengan doa dan dukungan serta partisipasi masyarakat untuk membawa Kota Semarang sesuai dengan keinginan warga," kata Wali Kota Hendi, Jumat (17/2/2017).

Apresiasi pun diberikan warga Kota Semarang yang datang berkerumun merayakan satu tahun kepemimpinan Hendi-Ita di Balai Kota Semarang. Ucapan selamat bertubi-tubi diberikan kepada pasangan yang memenangi Pilkada Kota Semarang pada 2015 itu.

Tepat satu tahun kepemimpinan Hendi-Ita juga ditandai dengan peluncuran prangko edisi khusus '1 Tahun Bergerak Bersama Rakyat' dan peluncuran kartu 'Semarang Hebat', yang digunakan untuk berbagai urusan warga Kota Semarang.
(alg/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed