DetikNews
Jumat 17 Feb 2017, 19:42 WIB

Hoax Or Not

Gambar Liar tentang Undangan Perkumpulan Gerakan PKI

Fajar Pratama - detikNews
Gambar Liar tentang Undangan Perkumpulan Gerakan PKI Ilustrasi (Fuad Hasim/detikcom)
Jakarta - Baru-baru ini beredar sebuah gambar mengenai undangan perkumpulan yang diadakan oleh 'generasi PKI'. Poster tersebut kemudian disebarkan melalui jejaring pesan singkat dan media sosial. Benarkah ada perkumpulan ini?

Isu:

Gambar tersebut berwarna latar belakang kehitaman. Tertulis dalam bagian atas poster tersebut 'Kami Generasi PKI: Mengundang Siswa-Siswi SMA dan SMK Se-Kota Pekalongan'.

Gambar Liar Tentang Undangan Perkumpulan Gerakan PKIFoto: Istimewa
Pada bagian sudut atas poster tersebut terdapat logo Universitas Pekalongan di sisi kiri dan Universitas Pekalongan di sisi kanan. Undangan tersebut perihal Lomba Puisi dengan Tema 'Masalah Sosial'.

Poster yang disebarkan melalui jejaring pesan ini kemudian ramai diperbincangkan. Hal itu tentu saja terkait dengan kata 'PKI' di poster tersebut.

Investigasi:

detikcom menelusuri kebenaran poster ini. Kapolres Kota Pekalongan AKBP Enriko Sugiharto sudah mendapatkan laporan mengenai gambar tersebut. Dia lantas menghubungi pihak kampus dan penyelenggara dan mendapatkan kepastian bahwa gambar tersebut hoax.

"Sudah saya cek. Saya pastikan, gambar itu tidak benar," kata Enriko kepada detikcom, Jumat (17/2/2017).

Senada dengan Enriko, Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Sadar Sosial Unikal melalui akun Instagram-nya memastikan bahwa poster tersebut hoax atau bohong. Ternyata poster tersebut merupakan produk tangan-tangan jail yang mengedit poster acara Lomba Puisi yang diadakan oleh UKMP-S2.

Gambar Liar Tentang Undangan Perkumpulan Gerakan PKIFoto: Foto asli
Berikut penjelasan UKMP-S2:

Tentang berita hoax yang beredar di MEDIA SOSIAL, yang mengatakan bahwa Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Sadar Sosial (UKM P-S2) adalah PKI, sesungguhnya itu adalah berita tidak benar. UKM P-S2 adalah unit kegiatan mahasiswa di bawah naungan Universitas Pekalongan dan mendapatkan bimbingan langsung dari dosen yang dimandatkan Rektor Universitas Pekalongan. Berazazkan pancasila, UKM P-S2 beraktivitas mengkaji realita sosial dan membuat karya ilmiah sesuai dengan kaidah-kaidah akademik. Rutinitas kegiatan UKM P-S2 yaitu memberikan bimbingan belajar anak-anak yang berusia 6-15 tahun sebagai implementasi dari keperdulian mahasiswa terhadap dunia pendidikan. Kegiatan Berdiskusi dan bedah buku adalah sebagai wahana untuk penambahan ilmu, kepekaan terhadap realita sosial UKM P-S2 mengadakan diskusi bersama mahasiswa pada umumnya dan mahasiswa aktivis seluruh UKM Universitas Pekalongan pada khususnya dengan mengkaji realita yang terjadi di kampus dan masyarakat pada umumnya. Berpartisipasi aktif secara budaya UKM P-S2 seringkali mengadakan pangung budaya yang diisi dengan membaca puisi, teatrikal dan musik untuk pelengkap hiburan. Jadi tentang berita hoax bahwa UKM PS-2 adalah PKI sesungguhnya tuduhan yang tidak benar, tuduhan yang tidak berlandaskan dengan bukti. Tuduhan tersebut sesungguhnya ingin menghancurkan reputasi UKM P-S2, hal itu ditunjukan pada peng-Editan pamflet lomba baca puisi yang di sebarluaskan di media sosial oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Oleh karena itu kita mengklarifikasi masalah tersebut agar tidak terjadi fitnah yang berkelanjutan. Maka dari itu kami (UKM P-S2) bagi yang merasa memfitnah agar segera meminta maaf atau mengklarifikasi bahwa tindakan yang dilakukan adalah tidak benar dan kami berikan waktu 1X24 jam, kalau tidak meminta maaf akan kami bawa keranah hukum. Terima Kasih.

Hormat Kami,

Ketua UKM P-S2 Mustofa

Kesimpulan

Poster bertuliskan 'Kami Generasi PKI: Mengundang Siswa-Siswi SMA dan SMK Se-Kota Pekalongan' merupakan hoax atau bohong. Poster ini diedit dan disebarkan oleh tangan-tangan jahil.

 Gambar Liar Tentang Undangan Perkumpulan Gerakan PKIFoto: Infografis: Fuad Hasim

(fjp/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed