DetikNews
Jumat 17 Feb 2017, 16:39 WIB

Cegah Pungli, Pemkot Semarang Luncurkan Kartu Semarang Hebat

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Cegah Pungli, Pemkot Semarang Luncurkan Kartu Semarang Hebat Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Tepat setahun resmi menjabat, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan wakilnya, Hevearita Gunaryanti Rahayu, meluncurkan kartu 'Semarang Hebat'. Kartu tersebut mempermudah berbagai urusan warga dan untuk mencegah pungutan liar (pungli).

Peluncuran kartu tersebut dilakukan Wali Kota Hendrar, Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati, dan Direktur Bisnis Bank Jateng Pujiono di Balai Kota Semarang.

"Dengan diluncurkannya kartu ini, harapan kami segala transaksi keuangan di Kota Semarang dapat dilakukan dengan mudah," kata Hendrar di Balai Kota Semarang, Jumat (17/2/2017).

Wali kota yang akrab disapa Hendi itu juga menjelaskan kartu multifungsi tersebut juga bisa mencegah praktik pungli.

"Selain itu, kartu ini berfungsi sebagai upaya pencegahan pungli. Jadi nantinya kalau sudah berjalan, ketika ada penarikan retribusi, misalnya yang tidak menggunakan kartu Semarang Hebat, maka bisa langsung dilaporkan," tandasnya.

Kartu tersebut ditujukan untuk kemudahan transaksi keuangan, yaitu sebagai kartu debit serta sebagai kartu ATM yang dapat digunakan di seluruh ATM BNI di Indonesia maupun luar negeri. Kemudian untuk alat transaksi e-commerce 'Semarang Creative Gallery' menggunakan BNI debit online.

Selain itu, untuk sarana pembayaran tagihan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), pajak bumi dan bangunan (PBB) dan pajak lainnya, pembayaran sewa rumah susun, sebagai uang elektronik (Tapcash) untuk pembayaran bus Trans Semarang, pembayaran jalan tol, parkir, maupun pembayaran lainnya di merchant-merchant. Kartu tersebut juga dapat dikembangkan sebagai kartu identitas, kartu absensi, hingga kartu perpustakaan.

"Kerja sama antara Bank Jateng dengan Pemerintah Kota Semarang ini adalah bukti sumbangsih untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Direktur Bisnis Bank Jateng Pujiono.

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati menambahkan kartu yang dikeluarkan untuk mendukung pengembangan Kota Semarang sebagai smart city tersebut juga dapat digunakan sebagai alat transaksi di merchant-merchant, baik di dalam maupun luar negeri.

"Ini merupakan kerja sama tahap awal, berupa kartu Semarang Hebat Co Branding Prepaid Tapcash Bank Jateng dengan issuing BNI. Untuk ke depannya, kerja sama dapat juga dilakukan perluasan dan sinergi channel bersama BNI-Bank Jateng untuk transaksi nasabah di ATM dan EDC, serta program collection layanan publik melalui channel bersama. Kerja sama kartu Semarang Hebat ini juga sebagai bentuk dukungan aktif terhadap program pemerintah dalam membentuk cashless society di Kota Semarang," terang Adi.

Dalam peluncuran kartu tersebut, Wali Kota Hendi memberikan langsung kartu tersebut kepada perwakilan warga, antara lain warga Karangroto, warga yang memiliki rumah tidak layak huni, pedagang pasar, dan pelajar.
(alg/ega)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed