DetikNews
Jumat 17 Februari 2017, 13:11 WIB

KSAU: Administrasi Pembelian Heli AW 101 Sudah Terpenuhi

Ibnu Hariyanto - detikNews
KSAU: Administrasi Pembelian Heli AW 101 Sudah Terpenuhi Foto: Ini Helikopter AW-101 yang tuai kontroversi (Pool/Widodo S. Jusuf)
FOKUS BERITA: Skandal Heli AW 101
Jakarta - Pengadaan helikopter AgustaWestland (AW) 101 sempat menimbulkan polemik. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjanjanto menegaskan pengadaan heli AW 101 tersebut secara prosedur sudah terpenuhi.

"Ya, kalau di dalam perencanaannya itu yang jelas jakstra (kebijakan dan strategi) ada di Kementerian Pertahanan. Sehingga Kepala Staf sudah berkirim surat ke kemenhan untuk proses sampai dengan kontrak. Jadi semuanya sudah dipenuhi administrasinya," kata Hadi Tjanjanto di Auditorium Denma Markas Besar TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (17/2/2017).

Dia mengatakan terkait ada pengalihan fungsi dari heli VVIP ke heli angkut masih beralasan. Karena menurutnya dalam postur TNI memerlukan 4 squadron heli angkut.

"Di renstra (rencana dan strategi) kedua menyatakan kita harus mengadakan 6 heli angkut dan 4 heli VVIP. Sehingga muncul itu tadi, kita pembelian rencananya satu dulu. Kemudian akan diikuti heli berikutnya dengan menambah heli VVIP dan heli angkut," ujarnya.

Hadi menambahkan karena ada permasalahan yang mempengaruhi pengambilan keputusan sehingga pembelian heli VVIP disetop.

"Namun karena ada permasalahan di India itu mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Untuk itu kita setop untuk pembelian heli VVIP," imbuhnya.
(idh/tor)
FOKUS BERITA: Skandal Heli AW 101
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed