Bus JR Connexion yang Layani Komuter Jabodetabek Meluncur

ADVERTISEMENT

Bus JR Connexion yang Layani Komuter Jabodetabek Meluncur

Heldania Ultri Lubis - detikNews
Selasa, 14 Feb 2017 14:45 WIB
Menhub Budi Karya meluncurkan bus angkutan permukiman JR Connexion (Heldania Ultri Lubis/detikcom)
Jakarta - Hari ini bus angkutan permukiman Jabodetabek Residence (JR) Connexion diluncurkan untuk melayani warga komuter Ibu Kota hingga ke permukiman. Diharapkan bisa mengurangi macet.

"Kita tahu benar bagaimana kesulitan transportasi. Nah sekarang kita buat suatu kesamaan dan saya yakin ini akan semakin bagus," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya SUmadi dalam peluncuran bus JR Connexion di ITC Mangga Dua, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Selasa (14/2/2017).

Bus JR Connexion ini akan melayani warga komuter yang tinggal di kawasan perumahan Bodetabek menuju Jakarta. Bus JR Connexion akan berangkat dari permukiman, seperti Grand Wisata (Bekasi), Bintaro Jaya (Bintaro), Bumi Serpong Damai (Serpong), Zam-zam Park (Bogor), dan Kota Wisata (Cibubur). Bus ini hanya akan berhenti di pusat Kota Jakarta, di antaranya di fX Senayan, Blok M, dan kawasan Sudirman.

Operator bus-bus JR Connexion ini adalah perusahaan otobus (PO) swasta, yakni PT Sinar Jaya Langgeng Utama, PT Wahana Trans, dan PT Royal Wisata. Tarifnya Rp 20-25 ribu per orang.

Selanjutnya Budi menyampaikan bahwa dia melihat sebuah kebutuhan tertentu mengenai transportasi. Dia menyebut transportasi massal ditetapkan sekaligus menjadi bisnis yang nyaman dikembangkan.

Bus JR Connexion yang Layani Komuter Jabodetabek MeluncurMenhub Budi Karya meluncurkan bus angkutan permukiman JR Connexion. (Heldania Ultri Lubis/detikcom)


"Oleh karena itu, saya mengapresiasi kepada pihak swasta yang mau bekerja sama. Apa yang kita lakukan ini harus terus kita dukung bersama," katanya.

Budi juga mengingatkan bahwa standar pelayanan tidak boleh turun, melainkan harus semakin ditingkatkan. Dia menyebut pengelola juga harus dipilih dengan bijaksana.

"Pengelola harus benar-benar kita pilih dengan baik, yang baru boleh masuk, dan yang tidak baik kita eliminasi. Sehingga kita bisa melayani masyarakat dengan lebih baik," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Elly Adriani Sinaga juga menyampaikan beberapa hal. Dia menyebut tujuan diadakannya acara peluncuran JR Connexion dalam rangka menunjukkan kepada masyarakat terkait dengan pengembangan pelayanan angkutan umum di wilayah Jabodetabek. Dia menyatakan pelayanan tersebut didasari Peraturan Menteri Perhubungan No 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Umum dengan Kendaraan Bermotor Tidak Dalam Trayek, yaitu angkutan permukiman.

"Jadi angkutan permukiman ini pelayanan angkutan tidak dalam trayek yang melayani dari kawasan permukiman ke beberapa titik pusat kegiatan. Untuk wilayah Jabodetabek, angkutan pemukiman melayani dari wilayah Bodetabek, juga beberapa pusat kegiatan di Jakarta," jelasnya.

Elly menegaskan dia akan terus menjalankan komitmen pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal tersebut ditujukan agar semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan angkutan umum.

"Ini komitmen kita untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat agar semakin banyak yang beralih menggunakan angkutan umum," tuturnya. (nwk/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT