DetikNews
Selasa 14 Februari 2017, 08:57 WIB

Luncurkan TransJ Vintage Series, Ahok Klakson 'Om Telolet Om'

Nathania Riris Michico - detikNews
Luncurkan TransJ Vintage Series, Ahok Klakson Om Telolet Om Foto: Nathania Riris Michiko/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meluncurkan bus TransJakarta terbaru edisi 'Vintage Series'. Bus yang akan masuk ke perumahan di Jakarta ini sangat nyaman dan klaksonnya berbunyi 'Om Telolet Om'.

Bus 'Vintage Series' model tahun 1990 ini awalnya terparkir di depan Pendopo Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (14/2/2017). Bus bermerek Mercedes-Benz dua pintu berwarna putih ini mengantarkan Ahok berkeliling di seputar kawasan kantor Balai Kota. Ahok didampingi Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono.
Ada 50 bus yang akan diluncurkan.Ada 50 bus yang akan diluncurkan. (Nathania Riris Michiko/detikcom)


Ahok duduk di kursi belakang bus. Kursi ini berbeda dengan bus TransJ lainnya. Kursi terbalut jok kulit berwarna cokelat dan merah. Kursinya juga empuk. "Ini enak banget busnya. Ini air suspension jadi ini empuk banget," kata Ahok sambil tersenyum.

Jarak antarkursi lebar sehingga lebih lapang."Saya ingin jarak antarbangku, kaki nggak mentok. Kalau saya duduk, kaki saya mentok berarti desainnya salah. Jadi ini ukurannya saya bilang, ukuran saya supaya orang yang tinggi naik busnya senang. Kalau nggak, naiknya gimana. Saya mau, begitu saya duduk, kaki saya nggak mentok, baru ini ukuran untuk orang nyaman," papar Ahok.

"Kursi untuk penyandang disabilitas mesti lengkap. Saya juga nggak mau tombol kanan untuk darurat banyak. Saya nggak mau nggak jelas itu tombol banyak, kalau darurat ada apa-apa mau dicari gimana," lanjutnya.

Lantai bus ini juga terbuat dari kayu. "Ini nggak boleh dipel karena dari kayu. Ini dilap saja," pesan Ahok.


Kursinya empuk dan lantainya dari kayu.Kursinya empuk dan lantainya dari kayu. (Nathania Riris Michiko/detikcom)


Ahok mengatakan bus terbaru ini akan diturunkan sekitar 50 unit. Bus ini juga akan melayani warga perumahan. "Sebanyak 50 bus dulu kami turunin. Ini nanti kami tentukan ya mau masuk rute yang mana karena akan masuk ke perumahan juga TransJ ini," ujar Ahok, yang terbalut baju dinas berwarna cokelat.

Perumahan mana saja, Pak? "Ya nanti... nanti," jawab Ahok.

Menurut Ahok, kapasitas penumpang bus ini juga akan dikurangi. Bus ini hanya mengangkut 60 penumpang. "Ini kapasitasnya kami kurangi. Nggak apa-apa yang penting nyaman, enak. Nanti TransJ model ini masuk ke perumahan. Ini bisa bikin orang menghindar buat beli mobil. Jadi bisa bangga naik mobil begini," ungkap Ahok.

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono menambahkan TransJakarta seri terbaru ini bertujuan membuat penumpang jauh lebih nyaman untuk bisa bepergian di Jakarta. "Kami harap semua warga yang nyoba senang naik bus ini," ujar Budi, yang terbalut baju dinas berwarna biru.

Puas melihat sekeliling bus, Ahok melangkah menuju kursi pramudi TransJ. Ahok duduk di balik kemudi. Dia memencet tombol klakson.
Ahok memencek klakson 'Om Telolet Om'.Ahok memencet klakson 'Om Telolet Om'. (Nathania Riris Michiko/detikcom)


"Percaya sama saya, semua bus ini 'Om Telolet Om'," ujar Ahok semringah.

Ahok terus mengucapkan kata-kata 'Om Telolet Om' berulang kali. Semua yang hadir pun ikut tertawa.

Om telolet om...!
(aan/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed