DetikNews
Sabtu 11 Februari 2017, 16:06 WIB

Imigran Asal Vietnam Terdampar di Pandeglang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Imigran Asal Vietnam Terdampar di Pandeglang Foto: Bahtiar Rifai/detikcom
Jakarta - Imigran asal Vietnam terdampar di Kecamatan Sumur, Pandeglang. Kapal yang membawa 18 orang ini diduga rusak akibat cuaca buruk.

Imigran yang terdampar terdiri atas 13 orang dewasa dan 5 orang anak kecil. "Asal Vietnam mau ke Australia, mau mencari suaka, menurut mereka," kata Kepala Imigrasi Kelas I Serang, Timbul Pardede, di Kota Serang, Sabtu (11/2/2017).

Timbul mengatakan para imigran ini akan menuju Australia. Di sana sudah ada pengacara atau sponsor yang akan menjemput. Pihak Imigrasi sudah mendapat sambungan telepon dari seseorang di Australia yang mengaku dari Vietnam dan sudah tinggal lama di sana.
Para imigran gelap ini akan menuju Australia.Kepala Imigrasi Kelas I Serang, Timbul Pardede, memberikan keterangan kepada wartawan di Serang, Sabtu (11/2). (Bahtiar Rifai/detikcom)


"Dia kasih info bahwa orang ini sudah pernah ke Australia dan gagal, diusir pemerintah. Dari Australia diusir karena nggak lancar, dianggap imigran ilegal," ujar dia.

Menurut Timbul, para imigran dalam kondisi sehat. Saat diserahkan oleh Polres Pandeglang, mereka tidak memiliki dokumen keimigrasian. Dari hasil interogasi juga diketahui bahwa mereka pernah dipenjara karena menjadi imigran. "Awalnya dulu 2 tahun lalu mencari kehidupan baik karena dikembalikan (ke Vietnam), terus dipenjara yang kepala keluarga dan dewasa. Anak ini nggak ada urus. Suatu waktu punya kesempatan kabur, mereka bawa anak-anaknya. Mereka kabur dari penjara," kata Timbul.

Menurut Timbul, 18 orang yang saat ini berada di kantor Imigrasi mengaku dari daerah pesisir Vung Tau, Vietnam.
(bri/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed