SBY Apresiasi Penggunaan Soft Power di Pertemuan Wiranto-Rizieq

Fajar Pratama - detikNews
Jumat, 10 Feb 2017 13:15 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Pertemuan Ketua Dewan Pembina GNPF MUI Habib Rizieq Syihab dengan Menko Polhukam Wiranto menghasilkan kesepakatan yang positif. Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasi pertemuan itu.

"Alhamdulillah. Akhirnya pemerintah bertemu para pemimpin aksi damai. Pertemuan sejuk. Terima kasih Pak Wiranto, Habib Rizieq dan yang lain," ujar SBY melalui akun Twitter-nya, Jumat (10/2/2017).

SBY mengatakan dialog Rizieq dan rombongan GNPF MUI dengan Wiranto merupakan dialog penting. Dia memberi apresiasi solusi yang ditempuh kedua belah pihak.

"Dialog kemarin penting. Pemerintah menggunakan soft power dalam mencari solusi. Bukan kedepankan kekuatan dan kekuasaan," kata SBY.

SBY memuji Rizieq cs yang memiliki komitmen untuk menghormati keinginan dan harapan pemerintah. Di samping itu, mereka berkomitmen menjaga kerukunan dan stabilitas sosial dan keamanan Jakarta.

"Amat melegakan pernyataan Habib Rizieq yang mendukung tegaknya NKRI, Pancasila, dan kebinekaan. Rakyat Indonesia ingin mendengar secara langsung," ujar SBY.

Sedangkan untuk Wiranto, SBY memuji sang Menko Polhukam yang telah menjadi teladan yang baik dalam memperlakukan rakyat.

"Pak Wiranto telah memberikan contoh baik. Negara dan pemerintah memperlakukan rakyatnya dengan hati dan kasih sayang, bukan kekuasaan dan kebencian," kata SBY. (fjp/imk)