DetikNews
Kamis 09 Februari 2017, 20:01 WIB

2 Runway Bandara Cengkareng akan Dihubungkan Lewat Timur

Rina Atriana - detikNews
2 Runway Bandara Cengkareng akan Dihubungkan Lewat Timur Foto: Dok. PT AP II
Jakarta - PT Angkasa Pura II tengah membangun east cross taxiway dengan biaya Rp 1,15 triliun. Taxiway (landas hubung) tersebut berfungsi menghubungkan landas pacu utara dan selatan.

Berdasarkan surat keterangan yang diterima detikcom dari PT AP II, Kamis (9/2/2017), pembangunan cast cross taxiway terdiri atas tiga tahap. Tahap I pada 2016-2017, lalu tahap II pada 2017-2018, dan tahap III pada 2022-2023.

PT AP II memperkirakan east cross taxiway akan mulai bisa dipakai pada 2018 atau setelah selesai tahap II. Sedangkan tahap III merupakan penambahan galur.

"Melalui west cross taxiway ditambah dengan east cross taxiway yang menghubungkan kedua runway, pesawat semakin mudah dan cepat untuk mencapai apron di Terminal 1, 2, maupun 3," kata Presiden Direktur PT AP II Muhammad Awaluddin.

"Hal ini tentunya membuat operasional pesawat semakin efisien di samping meningkatkan on time perfomance maskapai sehingga juga berujung pada peningkatan pelayanan kepada penumpang pesawat," lanjutnya.

Menurut Awaluddin, east cross taxiway juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dua runway sehingga mengakomodasi pergerakan pesawat menjadi lebih efisien.

Berdasarkan data AP II, pergerakan pesawat di Bandaran Soekarno-Hatta sebanyak 72 pergerakan per jam. Mulai November 2017, akan ditingkatkan menjadi 86 pergerakan per jam.

Diharapkan, dengan adanya west cross taxiway ditambah east cross taxiway serta adanya program peningkatan kapasitas runway, daya saing Bandara Soekarno-Hatta dapat meningkat, terutama dalam hal optimalisasi pergerakan pesawat di darat.
(rna/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed