detikNews
Senin 06 Februari 2017, 21:39 WIB

Begini Suasana Demo Mahasiswa di Rumah SBY di Mega Kuningan

Jabbar Ramdhani - detikNews
Begini Suasana Demo Mahasiswa di Rumah SBY di Mega Kuningan Rumah SBY didemo. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Sejumlah mahasiswa menggelar demonstrasi siang tadi di Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Mereka berdemo di depan rumah presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Di antara mereka tampak ada yang mengenakan jaket almamater berwarna kuning, biru, dan hijau. Mereka membawa sebuah spanduk panjang berwarna putih. Selain itu, ada yang membawa beberapa buah bendera Merah-Putih yang dipasangkan dengan bambu.

Berdasarkan video yang didapatkan tim 20detik, mereka duduk berbaris ke belakang. Ada di antara mereka yang memegang pengeras suara ketika menyampaikan orasi.

Juru bicara DPP Partai Demokrat Rachland Nashidik mengaku menyesalkan aksi yang digelar oleh mahasiswa tersebut. Sebab, menurutnya, para mahasiswa tampak bingung dan baru sadar bahwa lokasi tempat mereka berdemo merupakan rumah SBY.

"Saya juga menyesalkan, adik-adik mahasiswa itu tadi dibawa ke sini oleh segelintir orang tanpa sepengetahuan mereka sendiri. Sebab, tadi di lapangan, mereka tampak kebingungan, mereka bertanya, 'Oh ini rumah Pak SBY rupanya'," kata Rachland, Senin (6/2/2017).

Rachland mengatakan SBY sendiri tidak terpengaruh oleh aksi tersebut. Menurutnya, SBY malah marah karena mahasiswa terkesan dimanipulasi.

"Beliau tidak terlalu terpengaruh. Jauh dari kemarahan, apalagi setelah diberitahukan bahwa demonstran kebanyakan tidak tahu apa-apa. Kesannya kuat bahwa mereka dimanfaatkan saja. Pak SBY bilang, 'Kalau saya orang tuanya, tentu saya marah anaknya dimanipulasi seperti itu'," ujar Rachland menirukan.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Argo Yuwono mengatakan aksi tersebut tidak digelar persis di depan rumah SBY. Ketika mendapatkan laporan, polisi langsung menuju lokasi.

"Tadi kita sudah secepatnya ke lokasi. Tapi tidak di depan rumah persis, ada sekitar 100 meter. Jadi begitu ada laporan berita, kapolsek datang, kapolres datang. Langsung kita cek, mereka lari semua," ucap Argo.

Argo mengatakan aksi tersebut tidak berizin. Polisi menyita sebuah mobil yang ada di lokasi dan dibawa ke Polda. Polisi akan menyelidiki kasus ini.



(jbr/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com