DetikNews
Minggu 05 Februari 2017, 19:33 WIB

Dinamika Pilgub DKI

Ahok Dicurhati Warga Soal Limbah yang Dibuang ke Got

Akhmad Mustaqim - detikNews
Ahok Dicurhati Warga Soal Limbah yang Dibuang ke Got Saat Ahok blusukan di kawasan Cipayung, Jakarta Timur (Foto: Bisma Alief/detikcom)
Jakarta - Salah seorang warga mengeluh kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) karena ada tetangganya yang punya perusahaan katering dan membuang limbahnya ke got. Ia sudah melapor ke lurah setempat namun malah diancam gara-gara sang lurah takut dipecat.

"AA perusahaan katering buang limbah di got, saya lapor RT tidak ada tindakan, RW cuma dibersihkan dikit, lurah malah ngancem saya 'kalau saya dipecat ini urusan kamu'?" kata warga Johar Baru bernama Haryanto di sela launching buku 'A Man Called Ahok' di Kempinski, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/2/2017).

"Lurah takut dipecat karena tunjangannya 39 juta, kasus itu kalau orang ada usaha didalam perumahan, jangan ditutup ekonomi kasihan, kan dibuat untuk kepentingan masyarakat. Kalau kasus catering tadi harus kita panggil, kamu boleh usaha, tapi jangan rusak lingkungan, buang minyak buang asap apa kita bilangin dulu," jawab Ahok.

Soal kebersihan lingkungan ini, Ahok kemudian bicara warga Jakarta banyak yang tak punya septic tank. Apabila musim kemarau tiba, maka akan bau minta ampun jika alirannya tidak kencang.

"Di Jakarta, banyak yang tidak punya septic tank, makanya kemarau air kalau nggak kenceng, bau nya ampun. Saya tugaskan lurah, kalau itu melanggar tetap kita bilang minta pindah, kalau lurah nggak mau tanggapi SMS, kalau mau lapor pukul 07.30 WIB di Balai Kota," tutur Ahok.

Ahok kemudian membahas tata kota khususnya terkait pembangunan rusun. Ahok fokus untuk membangun rusun di atas stasiun dan terminal bus.

"Kita mulai bangun banyak rusun di atas stasiun, di atas terminal bus. Bisa nggak orang kaya beli? Sekarang nggak bisa, rusun yang baru pakai sidik jari, kita lagi bangun lagi 7 tower di Daan Mogot, ini yang saya bilang kayak Singapura," tuturnya.
(rna/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed