DetikNews
Kamis 02 Feb 2017, 19:25 WIB

Pansus RUU Pemilu Minta Pengiriman Hasil Pansel KPU ke DPR Ditunda

Elza Astari Retaduari - detikNews
Pansus RUU Pemilu Minta Pengiriman Hasil Pansel KPU ke DPR Ditunda Lukman Edy (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - Panitia Khusus RUU Penyelenggaraan Pemilu di DPR meminta pemerintah tidak dulu menyerahkan hasil seleksi anggota KPU dan Bawaslu. Tim panitia seleksi (Pansel) sudah menyerahkan sejumlah nama ke Presiden Joko Widodo yang kemudian akan dikirim ke DPR untuk uji kepatutan dan kelayakan.

"Sebaiknya pemerintah menunda mengirimkan hasil pansel KPU RI dan Bawaslu RI sampai selesainya UU Penyelenggaraan Pemilu," ungkap Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/2/2017).

Tim Pansel menyerahkan 14 nama calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu ke Presiden Jokowi, Rabu (1/2). DPR akan memilih 7 orang komisioner KPU dan 5 orang komisioner Bawaslu.

"Saya mengkhawatirkan UU Penyelenggaraan Pemilu yang baru nanti pasal yang mengatur soal penyelenggara Pemilu (tentang KPU, Bawaslu dan DKPP) akan berbeda dengan norma UU lama," jelas Lukman.

Politisi PKB ini menyebut ada sejumlah catatan soal penyelenggara pemilu yang masih menjadi pembahasan pansus. Seperti batas. usia penyelenggara pemilu, catatan keterlibatan, jumlah komisioner KPU dan Bawaslu.

"Ada usulan untuk menambah jumlah komisioner Bawaslu menjadi 7 orang, mengingat beban tugas dan tambahan kewenangan Bawaslu di dalam draf RUU, sehingga dianggap kompisisi 5 orang tidak cukup," Lukman menuturkan.

Selain itu, catatan lain yang ada pada pansus adalah soal rekrutmen, struktur, dan kewenagan DKPP. Lalu Trasformasi kelembagaan Bawaslu, di mana diusulkan tugas pengawasan seperti sebelumnya dilakukan langsung oleh masyarakat seperti pemilu 1999.

"Kalau usulan ini yang disepakati maka, berimplikasi terhadap ketentuan-ketentuan rekrutmen dan keanggotaan Bawaslu," kata Lukman.

Pembahasan dalam pansus juga ada tentang syarat-syarat khusus keanggotaan KPU dan Bawaslu. Kemudian soal komposisi pansel.

"Nah, kalau kemudian UU baru mengatur ketentuan yang berdeda dengan ketentuan lama, kan akan menjadi persoalan dan berpotensi akan di tolak Komisi II DPR RI, yang diberi tugas untuk menyeleksinya," beber Wakil Ketua Komisi II DPR itu.

"Bagi kami baik itu di Pansus maupun Komisi II, meyakini bahwa seleksi sekarang kebutuhannya adalah untuk Pemilu 2019, begitu juga UU pemilu yang sedang dibahas adalah untuk pemilu 2019, bukan untuk pemilu 2024," sambung Lukman.

Adapun nama-nama calon anggota KPU yang diserahkan ke Jokowi adalah:
1. Amus Atkana
2. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
3. Ilham Saputra
4. Evi Novida Ginting Manik
5. Ferry Kurnia Rizkiyansyah
6. Ida Budhiati
7. Wahyu Setiawan
8. Sri Budi Eko Wardani
9. Pramono Ubaid Tanthowi
10. Yesst Y Momongan
11. Hasyim Asy'ari
12. Arief Budiman
13. Viryan
14. Sigit Pamungkas

Kemudian Nama Calon Anggota Bawaslu RI adalah:
1. Ratna Wewi Petalolo
2. Mohamad Najib
3. Abhan
4. Sri Wahyu Araningsih
5. Fritz Edward Siregar
6. Syafrida Rachmawati Rasahan
7. Mochammad Afifudin
8. Herwin Jefier Hielsa Malonda
9. Abdullah
10. Rahmad Bagja
(elz/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed