DetikNews
Kamis 02 Februari 2017, 16:32 WIB

Ditemui Parlemen Iran, Ketua MPR: RI Tetap Dukung Palestina

Niken Widya Yunita - detikNews
Ditemui Parlemen Iran, Ketua MPR: RI Tetap Dukung Palestina Foto: Dok. MPR RI
Jakarta - Ketua MPR Zulkifi Hasan menerima kunjungan kehormatan utusan khusus Ketua Parlemen Iran yang juga anggota parlemen Iran, Nourian dan Rezaei. Zulkifli mendukung ajakan parlemen Iran agar Indonesia mendukung Palestina.

"Dukungan terhadap Palestina itu sudah dan akan terus kami lakukan. Kami berharap Iran juga melakukan perannya dalam soal Palestina dan itu akan kami dukung," ujar Zulkifli di ruang kerjanya, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/2/2017). Dalam pertemuan itu, hadir juga Duta Besar Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi.

Menurut Zulkifli, Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Toleransi antarumat beragama sudah diimplementasikan sejak dulu. Selain agama Islam, di Indonesia banyak penganut Kristen, Buddha, Hindu, dan Konghucu.

Dalam tataran kerja sama antar-negara Asia, Indonesia juga menunjukkan sikap toleransi yang tinggi terhadap negara lain, seperti Filipina, Jepang, Malaysia, Brunei, dan Singapura.

"Kami di Asia bisa (bersatu). Kami harapkan di Timur Tengah juga bisa seperti itu. Bisa bersatu tanpa melihat perbedaan saling bekerja sama untuk mencari titik temu persoalan dan segera menemukan solusinya agar semua damai dan tenteram," katanya.

 Ditemui Parlemen Iran, Ketua MPR: RI Tetap Dukung PalestinaFoto: Dok. MPR RI


Sementara itu, utusan khusus Ketua Parlemen Iran yang juga anggota parlemen Iran, Nourian, mengatakan hubungan baik Indonesia dan Iran sudah terjalin lama, baik antarpemerintah maupun antarparlemen kedua negara. Saling mengunjungi antarpemerintah dan parlemen dapat mempererat hubungan kedua negara.

"Kami berharap berbagai kunjungan antarpemerintah dan antarparlemen dua negara Indonesia dan Iran makin meningkatkan hubungan di segala bidang, terutama perekonomian, perdagangan, dan investasi," katanya.

Indonesia, lanjut Nourian, dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, merupakan salah satu negara yang sangat berpengaruh di Asia, juga di tataran global. Sedangkan Iran juga merupakan salah satu negara yang berpengaruh di kawasan Timur Tengah. Perpaduan dua kekuatan tersebut, menurutnya, akan membuat perbedaan atau perubahan yang sangat signifikan dalam penyelesaian berbagai masalah dunia, khususnya dunia Islam, terutama masalah Palestina.
(nwy/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed