Cerita di Balik Momen Suap-suapan Anies Baswedan dan Raffi Ahmad

ADVERTISEMENT

Dinamika Pilgub DKI

Cerita di Balik Momen Suap-suapan Anies Baswedan dan Raffi Ahmad

Indah Mutiara Kami - detikNews
Selasa, 31 Jan 2017 18:16 WIB
Foto: Screenshot video 'Santai Sore Anies Sandi' episode 1
Jakarta - Foto calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan artis Raffi Ahmad saling menyuapkan makanan dari satu piring ramai dibicarakan di media sosial. Bagaimana sebenarnya ceritanya?

Momen suap-suapan Anies dan Raffi itu adalah bagian dari 'Santai Sore Anies Sandi' episode 1. Raffi dan sang istri, Nagita Slavina, bergantian menjadi host acara yang disebarkan lewat akun media sosial Anies-Sandi ini.

Video episode pertama ini diunggah salah satunya lewat akun Anies Baswedan pada Senin, 30 Januari 2017, seperti dilihat detikcom, Selasa (31/1/2017). Di episode pertama ini, Raffi menjemput Anies di kediamannya, lalu mereka sama-sama naik ke mobil VW Combi. Perbincangan lalu dilakukan di dalam mobil.

Baca Juga: Kampanye di Medsos, Anies-Sandi Gandeng Raffi Ahmad dan Gigi

Pertama-tama, Raffi bertanya kepada Anies soal masa kecil cagub nomor urut 3 tersebut. Anies lalu mengisahkan masa kecilnya yang aktif dan kerap dikeroyok. Beranjak remaja, Anies kemudian aktif berorganisasi.

"Saya seringnya lihat Mas Anies itu di TV. Kalau kita lihat secara langsung, kelihatannya baik, terus berkarisma. Tapi Mas Anies kelihatannya kutu buku. Tapi saya lihat Mas Anies dan Mas Sandi itu smart," kata Raffi.

Cerita di Balik Momen Suap-suapan Anies Baswedan dan Raffi AhmadFoto: Screenshot Video 'Santai Sore Anies Sandi' Episode 1


Raffi lalu membahas selera humor Anies dalam video 'Om Telolet Om' yang dibuat oleh Anies, Sandi, dan timnya. Keduanya lalu berbincang soal awal mula pembuatan videonya pada tengah malam.

Kemudian, Raffi menunjukkan mystery stuff kepada Anies. Ada kotak besar berwarna merah dan kotak kecil berwarna putih. Anies lalu memilih kotak yang besar. Begitu dibuka, kotak itu ternyata berisi sepiring gudeg. Anies pun antusias melihatnya.

"Wah gudeg, ini makanan favorit kita. Dari kecil saya makannya gudeg," ujar Anies.

Cerita di Balik Momen Suap-suapan Anies Baswedan dan Raffi AhmadFoto: Screenshot Video 'Santai Sore Anies Sandi' Episode 1


Anies lalu menceritakan awal mula dia menyukai gudeg. Sejurus kemudian, Raffi minta disuapi oleh Anies.

"Saya disuapin, dong," ucap Raffi.

"Kebayang nggak, nyuapin Raffi Ahmad," sambung Anies sambil tertawa.

Cerita di Balik Momen Suap-suapan Anies Baswedan dan Raffi AhmadFoto: Screenshot Video 'Santai Sore Anies Sandi' Episode 1


Anies lalu menyuapi Raffi Ahmad sesuap nasi gudeg. "Saya suapin Mas Anies, boleh?" kata Raffi ganti ingin menyuapi Anies.

Piring dan sendok berpindah ke Raffi. "Ini yang namanya sepiring berdua," ucap Anies.

"Mas Anies, aaaa," kata Raffi. Dia lalu menyuapi Anies.

Cerita di Balik Momen Suap-suapan Anies Baswedan dan Raffi AhmadFoto: Screenshot Video 'Santai Sore Anies Sandi' Episode 1


Senyum terkembang dari wajah Anies dan Raffi serta keduanya mengacungkan jempol, juga tos. Raffi lalu bertanya alasan Anies suka gudeg.

"Ya kebiasaan saja. Dulu di Yogya, tiap hari sarapannya gudeg. Kalau pagi, bawa piring ke tempat penjual gudeg. Lalu dia isiin volume nasi dan lauknya sudah pas sekali," cerita Anies.

Keduanya lalu melanjutkan perbincangan soal pendidikan dengan Anies. Mantan Mendikbud ini mengatakan sekolah itu penting, tapi pendidikan lebih penting. Raffi mengaku setuju.

Anies dan Raffi mengobrol soal riwayat akademik Anies hingga anak-anak Anies. Raffi lalu memutar video pernyataan anak-anak Anies. "Kapan nih rekamannya, kemarin ya?" ucap Anies.

Selanjutnya, Anies bicara soal interaksi dia dengan anak-anaknya. Termasuk ketika dia mengambil rapor sang anak saat masih menjabat sebagai Mendikbud.

Dalam video selama 15 menit tersebut, Anies dan Raffi tampak juga beberapa kali menyapa pengendara yang melintas di samping mobil VW Combi. Mereka juga sempat membuka sunroof saat berbincang juga bernyanyi bersama.

Sebelumnya diberitakan, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memang menggandeng Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Gigi) untuk menjadi host acara ini. Program tersebut akan ditayangkan dalam 5 episode dan disebarkan lewat media sosial.

Konferensi pers Anies-Sandi gandeng Raffi Ahmad dan Nagita Slavina / Konferensi pers Anies-Sandi gandeng Raffi Ahmad dan Nagita Slavina / Foto: Grandyos Zafna


Dalam jumpa pers di Restoran Waroeng Sunda, Jalan Panjang Raya No 57, Kelurahan Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (30/1/2017), Anies sempat bicara soal suasana yang cair saat wawancara dengan Raffi. Salah satunya soal momen suap-suapan ini.

"Saya juga merasanya santai, tidak seperti sedang diwawancara televisi. Biasanya kalau di program itu kan kita tertata. Ini seperti ngobrol santai, saya sendiri terasa tidak seperti lagi diwawancara. Saya merasa seperti lagi ngobrol rileks, dan kita sempat suap-suapan ya. Nanti lihat sendirilah kalau sudah keluar hasilnya, dan kita memang memilih pakai VW Combi itu jadi contoh," ungkap Anies kemarin.

(imk/van)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT