DetikNews
Senin 30 Jan 2017, 16:25 WIB

Rapat Tertutup, DPR Evaluasi Kerja MK hingga Bahas Patrialis Akbar

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Rapat Tertutup, DPR Evaluasi Kerja MK hingga Bahas Patrialis Akbar
Jakarta - Anggota Komisi III DPR menemui hakim konstitusi di gedung MK, Jakpus. Pertemuan kedua lembaga tersebut digelar tertutup.

Pantauan di lantai 4 gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakpus, Senin (30/1/2017), kedatangan anggota Komisi III itu dipimpin Wakil Ketua Benny K. Harman. Ikut pula anggota Komisi III lainnya, seperti Trimedya Panjaitan, Abu Bakar Al Habsyi, dan Asrul Sani

Rombongan Komisi III DPR disambut langsung oleh Ketua MK Arief Hidayat. Turut hadir dalam pertemuan tersebut tujuh hakim konstitusi lainnya. Dalam awal pertemuan itu, Arief dengan Benny memberi salam komando.

Setelah itu, awak media yang hadir diminta keluar dari ruangan karena pertemuan tersebut digelar tertutup.

Sementara itu, hakim konstitusi I Gede Dewa Palguna mengatakan ada empat agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Kedatangan para anggota legislatif itu bertemu dengan hakim konstitusi dimaksudkan sebagai konsultasi.

"Ada 4 agenda, salah satunya tentang legislasi yang berkait dengan pelaksanaan tugas MK yang kira-kira menghambat, tentang evaluasi kerja MK, dan renstra 2017, tentang kesiapan penanganan sengketa Pilkada dan penjelasan soal kasus OTT itu," ujar Palguna.

Abu Bakar menjelaskan kedatangan anggota legislatif itu untuk konsultasi tentang penanganan perkara di MK. Sebab, sepanjang 2016, ia melihat jumlah perkara yang ditangani MK sangat banyak.

"Kita akan mendiskusikannya dengan MK, kira-kira bagaimana pola penanganannya, jangan sampai MK nanti overload," kata Abu Bakar.

Ia mengatakan dalam pertemuan itu juga dibahas tentang OTT KPK terhadap Patrialis Akbar. Pihaknya berharap kejadian tersebut menjadi peristiwa terakhir.

"Tentunya kita tidak ingin ada persoalan dengan institusi peradilan kita, apalagi sekelas MK. Bisa jadi nanti kalau di rapat konsultasi hal ini diperbincangkan akan ada informasi lain. Itu yang akan digali dalam rapat nanti," ujar Abu Bakar sebelum pertemuan.
(edo/asp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed