Aktif Twitter-an, Gubernur Ganjar Dapat Rekor MURI

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 27 Jan 2017 18:35 WIB
Ganjar dan sejumlah orang mendapat penghargaan MURI. (Angling/detikcom)
Semarang - Aktif berkomunikasi dengan warga lewat Twitter, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapatkan penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Penghargaan tersebut berjudul 'Gubernur Pertama yang Berinteraksi dengan Masyarakat Melalui Twitter'.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh pendiri MURI, Jaya Suprana, dalam rangkaian acara peresmian galeri MURI di Kawasan Industri Jamu Jago, Semarang, dan ulang tahun MURI ke-27.

Jaya Suprana menilai penghargaan tersebut diberikan karena Ganjar cukup sering memanfaatkan Twitter untuk berkomunikasi dengan warganya.

"Andaikata ada, biasanya cuma pura-pura berkomunikasi, cuma didengar, tapi tidak dipedulikan," kata Jaya Suprana, Jumat (27/1/2017).

Ia juga sempat bercanda bahwa pesaing Ganjar dalam hal ini adalah Presiden Amerika Donald Trump. Tapi, menurut Jaya, Ganjar tetap menang karena bukan presiden, melainkan gubernur.

"Anda tetap menang, karena Donald Trump presiden, anda gubernur," ujar Jaya sebelum menyerahkan piagam penghargaan.

Sementara itu, Ganjar menjelaskan Twitter merupakan alat untuk menjangkau warganya di 35 kabupaten/kota. Ia menyebutnya 'blusukan virtual' karena, untuk menjangkau semua daerah dengan blusukan dalam wujud nyata, butuh waktu banyak.

"Saya ingin menjangkau 35 kabupaten/kota, kalau blusukannya riil, keblusuk beneran saya. Maka saya berpikiran blusukan virtual, untuk merasakan denyut pikiran di masyarakat, ternyata benar disampaikan," kata Ganjar.

Akun Twitter Gubernur Ganjar, yaitu @ganjarpranowo, memang dipegang sendiri oleh si pemilik nama. Kini ia memiliki 889.594 pengikut dan Ganjar mengikuti 2.832 akun Twitter. Dalam timeline Twitter Ganjar memang terlihat ia menjawab pertanyaan warga.

"Mudah-mudahan memotivasi orang untuk berprestasi," ujarnya.

Meski demikian, Ganjar tidak sendirian menerima penghargaan. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga mendapatkan penghargaan MURI, yaitu sebagai 'Pejabat yang Sholat Berjamaah Secara Berkesinambungan di Masjid Terbanyak'.

Kemudian ada pula Kodam IV/Diponegoro, yang mendapatkan penghargaan 'Kodam yang Melaksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak dengan Pasien Terbanyak'. Penghargaan lainnya diberikan kepada bocah berusia 11 tahun bernama Bians Tjipto Meidianto sebagai 'Penulis Buku Origami Termuda'. Berikutnya ada penghargaan untuk masyarakat Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, dengan judul penghargaan 'Deklarasi Kota Ramah Anak dengan Bergandengan Tangan Sejajar Terpanjang, 7.359 Meter, 7.366 Orang'.

Aktif Twitter-an, Gubernur Ganjar Dapat Rekor MURIGanjar dan sejumlah orang mendapat penghargaan MURI. (Angling/detikcom)


Ada pula dua orang yang menerima penghargaan Prestasi Nusantara, yaitu Samuel A. Budiono, sebagai komponis pertama yang memadukan unsur musik dan arsitektur. Kemudian Rony Sudarmawan Theryo sebagai penyusun buku pertama tentang Mould & Dies. (alg/rvk)