Sumarsono: Pasar Senen Sudah Bisa Direnovasi Awal Maret

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jumat, 27 Jan 2017 14:39 WIB
Foto: Muhammad Fida Ul Haq/detikcom
Jakarta - Pasar Senen, yang terbakar hebat, segera direnovasi pada awal Maret 2017. Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono memprediksi renovasi memakan waktu 5 bulan.

"(Pasar Senen) mungkin awal Maret sudah bisa direnovasi. Saya kira maksimum lima bulan untuk renovasi," ujar Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (27/1/2017).

Saat ini, menurut Sumarsono, Pemprov DKI Jakarta sedang fokus pada pengamanan barang milik pedagang. "Langkah pertama memberikan pengamanan kepada pasar dulu karena di dalam Pasar Senen Blok I dan II itu ada tiga toko emas. Setelah bersih, minggu depan itu dilelang kepada pihak ketiga untuk renovasi," katanya.

Sumarsono menjamin pembangunan tersebut tidak akan terkendala dana. Ia menuturkan telah ada dana asuransi untuk memulai proses renovasi tersebut. "PT Pembangunan Jaya asuransi dapat Rp 116 miliar dan itu kan asuransinya sehingga tidak ada alasan membangun renovasinya itu butuh duit karena semuanya dari asuransi," katanya.

Pasar Senen terbakar pada Kamis, 19 Januari 2017. Akibatnya, 1.691 kios ludes terbakar. Kebakaran ini menelan kerugian hingga Rp 150 miliar. (aan/idh)